Tips Bernegosiasi untuk Wanita Karir: 6 Hal yang Harus Anda Pelajari

Share this article with other mums

Alasan mengapa wanita menghasilkan uang lebih sedikit dibandingkan pria, karena kita tidak meminta lebih. Berikut adalah tips bernegosiasi bagi anda untuk mendapatkan jumlah yang layak.

Girls, Jangan Cepat Puas! Pelajari bagaimana caranya bernegosiasi untuk mendapatkan lebih.

Mengapa wanita menghasilkan lebih sedikit uang dibandingkan pria?

Tahukah anda bahwa perbedaan gaji antara wanita dan pria sangat jauh dan ini merupakan persoalan penting. Diskriminasi gaji tersebut merupakan fenomena yang banyak terjadi saat wanita menghasilkan lebih sedikit dibandingkan pria, meskipun mereka melakukan pekerjaan serupa. Menurut sebuah studi, rata-rata 4.8 sampai 7% penghasilan wanita lebih rendah dibandingkan pria.

Lalu kita dihadapkan pada pertanyaan: mengapa hal ini terjadi?

Banyak yang mengatakan ini terjadi karena kultur patriarki yang sudah sistematis, dan tentu saja itu benar. Namun bagaimana hal itu terbentuk? Secara umum, wanita memang tidak seasertif pria. Dalam bukunya Women Don’t Ask , Linda Babcock mengatakan saat wanita mendapatkan pekerjaan, hanya 7% dari mereka menegosiasikan gajinya, dibandingkan 57% pria. Dan bagi wanita yang telah menegosiasikan gaji mereka, angka maksimal kenaikan hanyalah 7%.

Maka pada dasarnya, kita harus lebih percaya diri untuk memperjuangkan apa yang memang layak kita dapatkan. Berikut adalah tips bernegosiasi yang kami siapkan:

1. Anda tahu yang anda mau

Jika anda belum tahu apa yang anda inginkan, maka anda tidak akan mendapatkan kesepakatan. Saat saya diwawancarai untuk pekerjaan pertama saya, saya tidak tahu apa yang saya cari, dan ternyata saya harus bekerja jauh dari rumah, dengan gaji yang kecil dan bahkan saya tidak bisa berkembang di sana. Jangan pernah lakukan kesalahan yang sama.

Buatlah daftar keinginan anda dan perhatikan mana yang tidak bisa dinegosiasikan dan mana yang mungkin diperjuangkan. Tentu saja anda harus berpikir realistis dan menunggu waktu yang tepat. Jika perusahaan anda sedang dalam kondisi sulit, mungkin saat ini bukan waktu yang tepat.

2. Tingkatkan ekspektasi anda

Studi dari Babcock juga menemukan bahwa wanita tidak mendapatkan gaji yang besar karena mereka tidak menentukan ekspektasi setinggi mungkin. Setelah mendapatkan informasi gajinya, mereka biasanya berpikir bahwa memang angka itu lah yan semestinya. Tanpa bertanya, kita sebetulnya telah meragukan kemampuan diri sendiri untuk mendapatkan hal yang lebih baik.

3. Tidak perlu meminta maaf

Berdasarkan studi, wanita lebih banyak meminta maaf dibandingkan pria, tentu sah-sah saja jika anda ingin menjaga harmoni di dalam kantor, tetapi justru bisa jadi buruk bagi anda. Saat bernegosiasi anda harus melakukannya sepercaya diri mungkin dan meminta maaf hanya membuat anda seolah-olah mempertanyakan keinginan anda.

4. Perhatikan bahasa tubuh anda

Hampir sama dengan tips sebelumnya, jaga posisi tubuh anda dan tetaplah berkomunikasi secara terbuka untuk akselerasi karir anda. Anda mungkin saja orang paling berkualitas, namun itu tidak ada artinya tanpa kepercayaan diri anda.

5. Buatlah penilaian anda sendiri

Jangan menyudutkan pihak HR anda di kantor. Dengan melakukannya, anda hanya akan meminta kepada mereka untuk mendapatkan apa yang anda inginkan secara terpaksa. Hal itu bahkan bisa jadi berpotensi pada urungnya keputusan negosiasi bersama. Tentukan poin-poin kesepakatan (seperti misalnya capaian dalam bekerja) dan jarak kantor di sana.

6. Ingat: tidak segalanya soal uang

Perusahaan anda mungkin tidak akan menaikkan gaji, tetapi bagaimana dengan pilihan kompensasi lainnya? Anda bisa jadi berkantor jarak jauh dan virtual, atau mendapatkan posisi bergengsi. Pikirkan kemungkinan tersebut dan anda akan mendapatkan keuntungan lain bagi karir anda.[]

Indonesia Karir Tips