7 Jenis Pembelian Yang Dijamin Tak Akan Pernah Membuat Anda Menyesal

Share this article with other mums

Ada beberapa hal yang memang sepadan dengan setiap rupiah yang Anda keluarkan. Berikut adalah beberapa pembelian yang dijamin tak akan pernah membuat Anda menyesal.

Kita semua pernah menyesali keputusan setelah belanja barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan: pakaian yang ternyata ribet dikenakan, keanggotaan gym yang nggak pernah terpakai, mesin pembuat pasta berselimut debu teronggok di bawah tempat cuci piring, dan sederet daftar lainnya. Beberapa bulan lalu saya membeli sepatu aqua pumps yang sebenarnya tidak terlalu saya butuhkan. Saat itu harganya cukup miring bagi saya, tapi ternyata saya tak akan pernah memakai sepatu ini untuk kesempatan lain—sekalipun tampak kece di kaki saya, tapi rasanya susah sekali untuk dipakai berjalan, lalu apa intinya membeli sepatu kalau begitu.

Namun sekarang saya mencoba untuk hidup lebih frugal alias prihatin, saya punya keinginan membeli yang lebih terkontrol, namun masih jauh dari sempurna (Sephora menjadi semacam Achilles heel atau titik kelemahan saya). Berikut adalah delapan hal yang saya pikir tak akan pernah sia-sia untuk setiap keping rupiah yang Anda keluarkan.

1. Travel dan pengalaman

Ada yang mengatakan bahwa travel adalah satu-satunya hal yang membuatmu kaya raya. Saya rasa ini tidak benar. Anda masih bisa membeli stok/bitcoin, dll., yang memang benar-benar akan memperkaya Anda. Tapi saya juga paham sih maksud Anda.

Mungkin hal ini terdengar rada basi, tapi coba pikirkan kembali, apa intinya hidup di dunia jika Anda nggak berkelana ke banyak tempat dan betul-betul merasakan banyak hal? Cobalah bungee jumping. Cobalah menyelam sekali-kali. Ambil kelas Salsa, atau mungkin tari Tradisi klasik. YOLO.

2. Makanan yang rasanya benar-benar enak

never regret spending tak menyesal belanja

Hal ini tidak berarti lantas Anda bisa mengkonsumsi kaviar Rusia setiap harinya lho ya, namun intinya lebih kepada bagaimana makanan sehat sebetulnya sugguh-sungguh yummy dan bergizi. Okelah junk food memang lebih murah, tapi di masa depan nanti tubuh kitalah yang jadi taruhannya, itulah mengapa saya selalu menjaga asupan makanan—sekalipun tetap mengiznkan ada hari-hari menggila dengan sekantong potato chips.

3. Belajar hal baru

Anda tak perlu membayar untuk bisa belajar hal baru, terutama di era digital seperti sekarang ini, saat semua orang bisa belajar apapun dengan gratis secara online. Namun mendapatkan sertifikat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan karir Anda sekaligus tetap menajamkan pikiran Anda dalam prosesnya.

Jika Anda betul-betul tertarik berlatih dansa ballroom atau manajemen atau arsitektur, mungkin menghabiskan uang menjadi cukup masuk akal. Mengejar passion akan menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih menarik, teguh, dan lebih bahagia.

4. Membuat rumah terasa lebih ‘rumah’

Lingkungan bisa mempengaruhi mood  kita lebih dari apa yang kita bayangkan. Saya tidak bermaksud menyuruh Anda menghabiskan milyaran uang untuk membeli karya seni rupa. Belilah seprai Kasur yang halus dan bagus—percayalah, hal ini akan membuat banyak perbedaan besar sekalipun Anda hanya memberikan sentuhan kecil.

Letakkan lampu kamar tambahan agar cahaya di kamar Anda tak terlalu redup. Gantung pajangan yang bisa diunduh dari Etsy pada dinding Anda. Rumah semestinya menjadi tempat kesayangan Anda untuk kembali di akhir hari setelah seharian beraktivitas. Hal ini juga berarti bahwa, Anda perlu buru-buru beli mattress yang kualitasnya nggak tanggung-tanggung! Punggung Anda akan berterima kasih pada Anda di kemudian hari.

5. Jenis jasa yang membuat hidup Anda lebih mudah

Menjadi perempuan modern yang independen butuh kerja keras, dan itulah mengapa Anda harus mengambil setiap kesempatan yang lewat di kehidupan Anda. Jika Anda mampu membayarnya, coba pekerjakan seseorang yang bisa membersihkan rumah Anda seminggu sekali. Pekerjakan seorang pengasuh yang bisa menyelesaikan pekerjaan Anda. Waktu Anda sangat berharga; karenanya menghabiskan uang untuk mencari kebebasan di tengah-tengahny adalah pilihan masuk akal.

6. Barang-barang berkualitas tinggi (yang akan Anda pergunakan secara rutin)

Cukup masuk akal untuk berinvestasi untuk barang-barang yang Anda pakai setiap hari karena harganya lebih murah untuk jangka waktu lebih panjang (ingat kalau barang-barang berkualitas tinggi cenderung tahan lebih lama), dan akan membuat hidup Anda lebih mudah. Sebagai contoh, sekalipun lebih mudah dibandingkan harga laptop lainnya, saya tidak segan-segan untuk membayar lebih mahal demi membeli MacBook karena jelas barang ini lebih dapat diandalkan dan saya menggunakannya sepanjang waktu.

Jika Anda suka memasak, berinvestasilah untuk membeli pisau berkualitas tinggi yang dapat membelah melon dengan sekali tebas. Jika suka berlari, tentunya masuk akal jika Anda membeli sepasang sepatu lari yang bagus. Sekarang Anda paham bukan dengan gambarannya.

7. Kesehatan keuangan

Jangan khawatir, Anda tak akan pernah rugi jika membayar hutang-hutang Anda dan berinvestasi untuk produk-produk tabungan. Tunda sekarang, menyesal kemudian. Buatlah investasi dengan bijak di usia 20an dan 30an, dan saat Anda tua nanti, rasakan manfaatnya.

Singkatnya, menjalani kehidupan prihatin atau frugal tak harus berarti harus membuat seseorang menjadi pelit; ini adalah tentang bagaimana menikmati uang yang Anda belanjakan. Hentikan membuang-buang uang tanpa tujuan dan mulailah berinvestasi demi membangun hidup yang lebih baik.

Indonesia Gaya Hidup Hiburan