7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menagih Utang Teman Anda

Share this article with other mums

Sebenarnya bukanlah ide yang baik meminjamkan uang kepada anggota keluarga atau teman. Namun jika anda terlanjur melakukannya, apa yang harus anda lakukan saat mereka menolak mengembalikan?

Dua tahun lalu, seorang teman lama semasa di kampus mengontak saya tiba-tiba. Entah mengapa dia yang bahkan tidak pernah berkomunikasi itu meminta uang pinjaman pada saya. Sebenarnya saya tidak ingin ambil peduli, namun dia terdengar sangat butuh dan kesulitan. Maka saya pun meminjamkan sejumlah uang, tanpa berharap ia akan mengembalikan.

Benar saja, sampai hari ini dia belum juga membayar utang tersebut. Hal ini tidak memengaruhi rasa kepercayaan saya. Saya sebetulnya tidak sering meminjamkan uang. Itu bukanlah ide bagus menurut saya. Namun saat saya melakukannya, saya selalu ingat: jangan pernah meminjamkan saat anda takut kehilangan uang.

Hal ini penting bagi siapapun untuk menjaga relasi mereka. Jika anda terus berharap setiap sen uang tersebut akan kembali, maka jangan pernah meminjamkan uang. Tetapi bagaimana jika anda terlanjur meminjamkan? Bagaimana jika jumlahnya terlalu besar? Dan anda sedang membutuhkannya sekarang.

Berikut sejumlah cara yang bisa anda lakukan saat teman atau anggota keluarga menolak membayar utang.

1. Jangan biarkan hal ini mengganggu anda

friend won't pay back money saat teman menolak membayar utang

Anda mungkin saja menghindari obrolan ini sehingga anda tidak perlu berurusan apapun lagi dengannya, namun ini jumlah uang yang besar, anda bisa saja melepas kekhawatiran itu. Bicaralah dengannya baik-baik dan jangan biarkan ini berlarut-larut.

2. Ingatkan mereka

Anda bisa terus mengingatkan mereka sehingga mereka tahu bahwa anda sedang membutuhkan uang itu. Ingat: bicarakan semua baik-baik dan santai sehingga dia tidak merasa anda berselisih dengannya.

3. Bicaralah terus terang

friend won't pay back money saat teman menolak membayar utang

Daripada berbasa-basi, tanyakan saja langsung kapan dia akan membayar utangnya. Kuncinya adalah tetap tenang dan santai. Marah bukanlah solusi untuk menagih utang, itu justru akan memperburuk relasi anda.

4. Berikan tenggat waktu

Saat meminjamkan uang, apakah anda memberikan waktu spesifik kapan dia harus mengembalikannya? Daripada anda mengatakan, “kembalikan saja secepatnya”, berikan waktu tenggat yang spesifik agar dia juga tahu bahwa anda membutuhkan uang tersebut.

5. Membayar utang secara bertahap

Mungkin saja teman anda bisa mengembalikan namun tidak sekaligus. Untuk memudahkan, anda bisa meminta mereka membayarnya secara mencicil. Anda mungkin saja menanyakan kondisi keuangannya agar anda tahu kondisi masing-masing dan buatlah kesepakatan berapa jumlah yang harus dibayarkannya setiap bulan.

6. Perhatikan sikap anda

friend won't pay back money saat teman menolak membayar utang

Anda mungkin tidak sadar, tapi anda bisa saja mengingatkan teman anda dengan cara yang salah. Memang bukanlah hal mudah untuk menagih utang, maka teman anda mestinya bersikap rendah hati untuk mendekati anda. Jadilah orang yang tetap ramah dan tidak cuek.

7. Pikirkan: mana yang lebih penting –uang atau relasi?

Berapa sebetulnya nilai pertemanan anda? Apakah anda bisa menaruh label harga atas itu? Daripada anda membiarkan diri terus memikirkan uang yang dia pinjam, berpikirlah lebih jernih. Jika memang dia tidak juga mengembalikan utangnya, ambil hikmahnya dan ingatlah untuk tidak meminjamkan lagi uang padanya. Bahkan lebih baik untuk tidak meminjamkan uang kepada teman atau keluarga.

Indonesia Uang Tabungan