PRT Mencuri Barang Anda? 4 Hal yang Perlu Dilakukan

Share this article with other mums

Apakah PRT anda memiliki masalah yang sangat mengganggu?

Saat anda ingin berbelanja ke supermarket anda baru menyadari ada yang aneh. Sweater yang ingin anda pakai di rapat siang tadi atau sepasang anting mutiara yang anda simpan di lemari, ternyata tidak ada. Apakah ini hanya anda yang lupa? Bahkan anda mendapati sejumlah uang di dalam dompet pun berkurang.

Apakah PRT anda mencuri sesuatu? Jika demikian, sebaiknya anda telusuri perlahan situasi tersebut. Ikuti saran berikut untuk langkah yang solutif.

1.Jangan terburu-buru menyimpulkan

maid stealing from you PRT mencuri di rumah

Terkadang beberapa barang memang ditaruh di tempat yang tidak semestinya. Saat kita sedang panik, biasanya PRT menjadi sasaran kecurigaan kita.

“Anda mesti menelusuri segala kemungkinan sebelum menuduh seseorang melakukan kejahatan,” jelas Vicky Cheny-Little, Manajer Pemasaran di sebuah jasa cleaning service pada Quora. “100% kasus yang kami tangani biasanya saat majikan kesulitan menemukan barang mereka dan kami bantu justru barang tersebut hanyalah salah taruh. Majikan pun akan sangat merasa bersalah karena ini.”

Tentu saja, karena seluruh pegawai di perusahaan Vicky telah lama bekerja, bahkan sampai lebih dari 10 tahun, sehingga sangat sulit menemukan keganjilan. Namun tentu saja kita perlu ingat: pastikan kecurigaan anda beralasan dan memiliki bukti sebelum anda mengambil langkah selanjutnya.

2.Tanyakan PRT anda dengan tenang

Seketika anda mendapati keganjilan, tanyakan baik-baik pada PRT anda apakah dia tahu atau melihat barang yang sedang anda cari. Catatlah setiap barang berharga anda, termasuk makanan dan barang-barang belanjaan. Tetaplah ramah, tenang dan tidak asal tuduh sampai anda yakin apa yang sedang terjadi. Siapa tahu, beberapa barang itu mungkin terselip.

Ketika Carla P. mendapati PRT membuka dompet miliknya, Carla menunggu sampai tenang untuk menanyakan hal tersebut.

“Saya mengatakan saya tidak marah, hanya kaget saja mengapa dia tidak jujur mengatakan kesulitan keuangannya pada kami sehingga dia tidak perlu mencuri seperti itu,” terang Carla. “Karena saya tenang, maka dia pun merasa bersalah dan mengaku bahwa dia sedang kesulitan. Anaknya sakit dan harus dibawa ke dokter.” Sampai hari ini Carla tetap mempekerjakan PRT-nya, meskipun ia menjadi lebih hati-hati dan sensitif pada kebutuhan keuangan PRT tersebut.

3.Uji kecurigaan anda

maid stealing from you PRT mencuri di rumah

Anda perlu melakukan verifikasi dengan cara meninggalkan sejumlah uang di dalam rumah. Jangan sengaja menaruh uang di tempat terbuka, namun buat seolah-olah anda tidak sengaja menaruh uang di satu titik tertentu. Setelah anda pulang, anda bisa kembali memeriksanya.

Anda juga dapat memasang kamera CCTV tersembunyi di dalam rumah untuk mengawasi ulah PRT anda. “Penting sekali memiliki bukti,” jelas Jen Del Rey kepada ParentTown. “Ini akan menjadi argumen kuat anda untuk menangkap ulahnya.”

4.Berhentikan dan jika perlu lapor polisi

Saat anda sudah memiliki bukti dan yakin PRT anda pelakunya, maka berhentikan saja dan cari PRT yang lebih jujur dan baik. Jika anda merekrut PRT dari pihak penyalur, informasikan kepada mereka dan buatlah pengaduan. Pihak penyalur PRT semestinya memiliki cara untuk menangani kasus seperti ini, karena jika tidak reputasi mereka terancam. Tanyakan apakah anda bisa segera mendapat pengganti tanpa perlu biaya.

Jika anda mendapati PRT anda mencuri hal-hal yang jauh lebih berharga seperti perhiasan atau uang dalam jumlah besar, anda bisa melapor polisi dan berikan bukti yang anda miliki. Saat anda ingin mengklaim asuransi atas kehilangan tersebut, anda perlu melibatkan polisi. []

* * *

Saat ada orang lain selain keluarga di rumah memang hal yang berisiko, oleh karena itu anda perlu hati-hati saat merekrut PRT. Kita bisa saja begitu waspada dengan menyimpan barang-barang berharga kita di tempat aman, namun perlu juga menghargai mereka sebagai PRT. Tidak semua PRT mencuri; kebanyakan dari mereka hanyalah ingin memenuhi kebutuhan hidup, sama seperti kita.

Indonesia Gaya Hidup Perlengkapan Rumah