Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Usia 20an hingga 30an: Lakukan 4 Hal Di Bawah Ini Atau Menyesal Di Kemudian Hari

Share this article with other mums

Jangan tunggu sampil terlambat! Persiapkan dana pensiun Anda bahkan sejak berusia 20an dan 30an jika Anda berharap bisa menikmati hidup di usia senja. Berikut adalah beberapa hal yang barang tentu mesti dilakukan.

Di usia 20an dan 30an, masa pensiun tampak seperti sangat mudah dilalui dan dengan gampang dikesampingkan seraya berkata “saya akan menyebrangi jembatan itu jika memang sudah sampai di sana.” Namun jika Anda terus-menerus menundanya dan mengabaikan persiapannya sejak awal usia 20a and 30an, Anda akan betul-betul menyesalinya. Kami jamin.

Tak ada satupun dari kita yang menghabiskan masa pensiun dengan rasa penuh kecemasan untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maukah Anda berkelana dan melihat hal-hal baru sebanyak mungkin, menikmati kebebasan yang memang layak Anda dapatkan?  

Secepat mungkin, Anda harus menyiapkan masa dengan dengan baik. Menyusun tabungan darurat Anda adalah cara yang terbaik untuk memulai, namun hal ini saja tidaklah cukup. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan Anda menghadapi masa pensiun di usia 20an dan 30an. Anda harus mempersiapkan masa depan Anda sedemikian rupa. Membangun tabungan darurat merupakan cara yang baik untuk memulai, namun biasanya hal ini tidaklah cukup. Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan dana pensiun di usia 20an dan 30an.  

1. Buka tabungan dana pensiun SEGERA dan ubahlah penghasilan Anda menjadi pemasukan

Semakin cepat membuka dana khusus pensiun, semakin banyak uang yang akan didapatkan pada saat Anda pensiun nantinya. Hal ini disebabkan oleh keuntungan yang didapat berdasarkan akumulasi bunga tabungan yang akan Anda dapatkan. Hal ini pada dasarnya berarti bahwa tabungan Anda akan mendapatkan bunga, kemudian bunga tadi akan terus berbunga, dan seterusnya.

Ambil semua kesempatan menabung yang Anda miliki. Sebagai contoh, perusahaan Anda mungkin sudah memiliki dana pensiun yang mengurangi besaran gaji Anda secara otomatis untuk disalurkan ke dalam dana pensiun Anda. Hal ini mempermudah Anda untuk menabung bagi hari tua, maka ambilah keuntungan dari sana.

2. Ciptakan target dan ciptakan anggaran pensiun

Satu kesalahan yang umumnya orang lakukan saat mempersiapkan dana pensiun adalah bagaimana terkadang mereka tak mengindahkan berapa jumlah uang yang sebetulnya mereka butuhkan. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk menyusun anggaran sedini mungkin, lebih cepat lebih baik.

Lakukan pencatatan pengeluaran setiap bulannya: pengeluaran rutin bulanan, uang makan dan hiburan, asuransi, dan seterusnya. Pengeluaran ini bisa berubah seiring waktu, namun punya pandangan mengenai berapa jumlah uang yang harus Anda tabung sedari dini merupakan ide yang bagus agar Anda tidak kehabisan uang pada saat pensiun nantinya.

3. Bekerjalah untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda

Usia 20an dan 30an adalah saat terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam meningkatkan penghasilan. Anda dapat melakukan hal ini seraya menaiki tangga korporat, meningkatkan pengetahuan Anda melalui kursus-kursus singkat atau bahkan pascasarjana (atau mungkin MBA?). Dengan cara meningkatkan karir dan pendapatan, Anda sesungguhnya juga telah meningkatkan kemampuan Anda untuk menabung dan berinvestasi bagi masa depan.

4. Berdayakan diri Anda dengan financial know-how

Semakin cepat Anda belajar bagaimana mengatur keuangan, semakin baik. Sekalipun Anda tidak akan paham mengenai gambaran kondisi keuangan pribadi saat ini, Anda akan selalu dapat mengobatinya dengan buku-buku, kelas-kelas, atau bahkan menyewa seorang penasihat keuangan. Karena sudah berada di sini, membaca artikel finansial bersifat personal semacam ini, Anda dijamin telah berada di jalur yang benar.

Uang Tabungan Pensiun