5 Fakta Unik Awal Kehadiran Google yang Wajib Kamu Tahu!

Share this article with other mums

Seperti apa 'sih keunikan yang dimiliki Google pada awal kehadirannya?

Pendiri Google  ada tiga orang, mereka adalah Larry Page, Sergey Brin dan Scott Hassan. Nama Scott Hassan jarang sekali diketahui publik sebagai pendiri ketiga perusahaan raksasa internet itu. Mereka bertiga adalah otak-otak jenius di balik kesuksesan Google.

Dilansir dari Vanity Fair, sebuah buku yang baru saja terbit berjudul, “Valley of Genius: The Uncensored History of Silicon Valley (as Told by the Hackers, Founders, and Freaks Who Made It Boom)” membocorkan fakta-fakta unik di awal berdirinya Google.

Kira-kira fakta unik apa saja yang dimiliki Google, simak yuk!

Pendiri Google dan Fakta-fakta Unik di Awal Berdirinya

pendiri google

Sumber: Vanity Fair

Fakta #1 Membangun Mesin Pencarian Bukanlah Tujuan Awal Mereka

Menurut Heather Cairns, Administrasi Stanford yang akhirnya menjadi pegawai Google nomor 4, Sergey merupakan seorang yang extrovert berbeda dengan kawannya Larry yang cenderung lebih introvert.

Pada awalnya Larry sangat tertarik untuk membuat sebuah mobil otomatis. Di samping itu, membangun jembatan ruang angkasa atau yang mereka sebut dengan space tether juga menjadi salah satu ambisinya. Ide dasar dari jembatan ruang angkasa adalah menyusun bebatuan di langit dan ruang angkasa menembus orbit dan memutari bumi hingga menyentuh tanah, seperti elevator. Persis seperti Jack and the Beanstalk.

Selain itu, mereka juga memimpikan untuk men-download seluruh Web mempertahankan link-nya dan melakukan surf di Web tersebut sebaliknya. Menariknya, membangun sebuah mesin pencarian nggak pernah muncul di radar mereka saat itu.

Fakta #2 Struktur Google Pertama Kali Seperti Agregator Search Engine

Dalam waktu 6 hingga 8 bulan, mereka berhasil merampungkan sebuah web page yang memiliki kotak pencarian kecil mirip dengan kotak pencarian Google yang ada sekarang. Namun fungsi kotak pencarian tersebut bukan untuk langsung mencari query namun ada tab drop-down yang bertuliskan “Search engine manakah yang ingin Anda gunakan?”.

Setelah memilih nama mesin pencarian, kamu dapat memasukkan keyword yang diinginkan lalu akan mendapatkan hasil pencarianmu dari mesin pencarian yang dipilih di sisi sebelah kiri dan ada perbandingan di sebelah kanan dari mesin pencarian yang Google bangun.

Fakta #3 Business Plan Pertama Google adalah ‘Menguasai Dunia’

Heather Cairns mengaku bahwa Google tak memiliki business plan pada saat itu. Bahkan beredar rumor di kalangan pendiri dan pegawai-pegawai awal di Google bahwa mission statement mereka adalah ‘Menguasai Dunia’.

Lalu Heather mengomentarinya dengan kalimat berikut, “Well.. apapun yang kalian inginkan, pastiin gaji gue aman ya.”

Fakta #4 Basecamp Awal Google Bukan di Garasi Tapi Kamar Tidur

Basecamp pertama Google adalah sebagian dari rumahnya Susan Wojcicki termasuk garasinya. Tapi, Google tak bekerja dari garasi seperti yang banyak diberitakan melainkan dari kamar tidur. Heather Cairns mengkonfirmasi hal tersebut dan menyebutkan bahwa mitosnya setiap start-up itu idealnya bekerja dari sebuah garasi. Maka rumor itulah yang beredar di luar sana.

Fakta #5 Google Menolak Siapapun yang Melamar Menggunakan Kemeja dan Jas

Salah satu pendiri Google, Larry Page, mengatakan bahwa cara Google merekrut seseorang sangat berbeda dari korporasi pada umumnya. Bahkan seperti ada tagline tak tertulis, “Jika kamu datang menggunakan jas, kamu nggak akan diterima!”

Beberapa orang yang memiliki potensi yang bagus namun datang interview dengan menggunakan jas, akan disuruh pulang ke rumah dan kembali lagi keesokan harinya. “Pulang ‘gih ganti bajunya, balik lagi besok dan jadi dirimu apa adanya,” sebut Charlie Ayers.

Namun, setelah beberapa waktu, pegawai-pegawai dan pendiri Google perlahan mengubah keunikan-keunikan tersebut seiringan dengan mengikuti berbagai kelas kepribadian dan pelatihan-pelatihan soft skill lainnya. Nah, ada nggak nih yang mau bikin culture startup seperti awal kehadiran Google?

Karir Hunting Kerja