5 Negara Terkaya dan Termiskin di Dunia. Gaji Minimumnya Bikin Ngiler!

Share this article with other mums

Negara terkaya di dunia itu biasanya dihitung dari angka Gross Domestic Product atau GDP per kapitanya. Hmm.. penasaran kan negara mana aja sih yang masuk daftar ini dan negara mana saja yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia? Punya sumber daya alam yang melimpah nggak lantas menjadikan sebuah negara menjadi negara terkaya di dunia.

Negara terkaya di dunia itu biasanya dihitung dari angka Gross Domestic Product atau GDP per kapitanya. Hmm.. penasaran kan negara mana aja sih yang masuk daftar ini dan negara mana saja yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia?

Punya sumber daya alam yang melimpah nggak lantas menjadikan sebuah negara menjadi negara terkaya di dunia. Buktinya, Indonesia nggak masuk daftar meski kekayaan SDA-nya tersebar di mana-mana.

Disarikan dari Fortune dan Focus Economics berikut daftar negara terkaya dan termiskin di dunia!

Negara Terkaya di Dunia versi Fortune

Qatar

negara terkaya di dunia

Siapa sangka negara kecil di Timur Tengah yang satu abad lalu masih miskin kini menjadi negara terkaya no. 1 di dunia? Dengan populasi sebanyak 2,27 juta orang, Qatar mampu menghasilkan GDP sekitar Rp 1,8 Miliar!

Kekayaannya didapat karena Qatar merupakan eksportir gas alam terbesar di dunia. Sebagai negara terkaya, banyak sekali fasilitas gratis yang diberikan pemerintah untuk masyarakat Qatar. Kesehatan, pendidikan, air, listrik bahkan perumahan.

Nggak berhenti di situ, Qatar juga memanfaatkan pendapatannya untuk berinvestasi di negara lain! Tapi uniknya, meski merupakan negara terkaya di dunia, upah minimum pekerja di sana hanyalah berkisar di angka Rp 4,6 juta saja, sedangkan untuk buruh migran hanya digaji di kisaran Rp 2,6 juta saja.

Luksemburg

negara terkaya di dunia

Negara ini memang memiliki populasi kecil yaitu hanya di angka 600,000 orang saja. Namun mereka dapat menghasilakn pendapatan per kapita hampir Rp 1,6 Miliar mengalahkan keseluruhan pendapatan per kapita yang didapatkan oleh semua negara-negara di Uni Eropa!

Luxembourg memang dikenal negara di Uni Eropa yang paling apik di bidang finansial. Hal ini terbukti bank-bank yang ada di negara ini sangat melindungi data-data para nasabahnya.

Upah minimum di negara ini juga merupakan yang tertinggi di Eropa, yaitu mencapai Rp 29 juta per bulannya. WAHHHH!

Singapura

negara terkaya di dunia

Ternyata posisi ketiga ditempati oleh negara tetangga kita, yaitu Singapura. Populasinya yang hanya dihuni oleh sekitar 5,6 juta penduduk berhasil menghasilkan pendapatan per kapita sebesar Rp 1,3 Miliar. 

Singapura ini dikenal sebagai surganya pebisnis, gimana nggak, buat urus perizinan bisnis di sana cuma butuh waktu sekitar 3 jam. Efisien banget kan untuk menghemat waktu para pebisnis yang emang hectic banget!

Upah minimum pekerja kasar di Singapura aja bisa mencapai Rp 10 juta per bulannya, di luar itu bisa mencapai Rp 60 juta per bulan. Wahhh.. menarik bukan?

Brunei Darussalam

negara terkaya di dunia

Populasi di Brunei bahkan lebih kecil dari Luksemburg, yaitu hanya sekitar 400,000 orang penduduknya. Dengan angka populasi sekecil itu, Brunei bisa menghasilkan GDP sebesar Rp 1,1 Miliar per tahunnya!

Pendapatan utama negara kecil ini didapatkan dari minyak dan gas bumi. Upah minimumnya bervariasi tergantung spesialisasi dan keahlian. Namun rata-rata pendapatan minimumnya berada di angka Rp 8,2 juta.

Irlandia

negara terkaya di dunia

Selain Luksemburg, Irlandia termasuk salah satu negara dengan GDP terbesar di belahan Eropa. Pendapatan per kapitanya mencapai Rp 1,04 Miliar.

Perkembangan ekonomi Irlandia tak terlepas dari hasil ekspor komputer, mesin listrik, perlengkapan medis, dan ragam bahan kimia dan farmasi.

Negara ini juga ada di posisi kedua negara dengan upah minimum terbesar di Eropa yaitu sekitar Rp 25 juta.

Berminatkah kamu tinggal di kelima daftar negara terkaya di dunia di atas? Nah, selain negara terkaya di dunia, AMG juga akan kasih kamu daftar negara termiskin di dunia versi Focus Economics, simak ya!

Negara Termiskin di Dunia Versi Focus Economics

Kongo

negara terkaya di dunia

Meski memiliki sumber daya yang berlimpah, namun Kongo menjadi negara termiskin di dunia karena memiliki pendapatan per kapita sebesar Rp 6,763,676 saja.

Hal ini tak lain dikarenakan karena situasi politik di Kongo yang beberapa tahun terakhir ini semakin memanas, sejak Presiden Laurent-Desire Kabila terbunuh di tahun 2001.

Tidak diketahui berapa jumlah upah minimum di negara ini, lantaran upah minimum di negara ini hanya didiskusikan oleh kedua belah pihak oleh pekerja dan pemberi pekerjaan.

Mozambik

negara terkaya di dunia

Mozambik merupakan eks negara koloni Portugis yang memiliki pendapatan per kapita di angka Rp 7,023,817. Angka ini menjadikan Mozambik berada di urutan kedua negara termiskin di dunia.

Namun, Mozambik sedang harap-harap cemas sebab di tahun 2011 mereka menemukan lokasi sumber gas bumi yang banyak diramalkan akan membawa perubahan ke kehidupan masyarakat Mozambik.

Upah minimum di negara ini bervariasi tergantung bidang yang mereka tekuni, namun rata-ratanya hanya mencapai Rp 1,2 juta saja.

Uganda

negara terkaya di dunia

Negara ini terletak di antara negara-negara konflik dan permasalahan politik dan pelayanan publik dalam negeri yang kacau balau. Hal ini tentu menjadikan Uganda menempati posisi nomor tiga dalam daftar negara termiskin di dunia.

Pendapatan per kapita Uganda telah meningkat, meski demikian Uganda hanya menghasilkan Rp 10, 684,395 saja. Dengan pendapatan per kapita di angka itu, upah minimum Uganda hanya berada di kisaran Rp 1,3 juta. Sedih, ya.

Tajikistan

negara terkaya di dunia

Negara yang meraih kemerdekaannya setelah Uni Soviet terpecah ini hanya memiliki pendapatan per kapita sebesar Rp 12,103,190 saja.

Hal ini berkaitan erat dengan sejarah politik yang meliputi negara ini. Meski merdeka di tahun 1991, lima tahun setelahnya Tajikistan mengalami perang sipil yang membuat ekonomi di negara ini hancur. Tak hanya itu, kredit macet dari sektor perbankan juga menjadi salah satu pemicu mengapa perekonomian negara ini tak pernah stabil meskipun telah mengalami peningkatan sejak circa 2000 – 2016.

Upah minimum di Tajikistan ada di kisaran Rp 6,9 juta yang menjadikan negara ini memiliki urutan ke-116 dari urutan upah minimum tertinggi di seluruh dunia.

Haiti

negara terkaya di dunia

Di urutan ke-lima ada Haiti yang merupakan negara dengan jumlah bencana alam terbesar. Bencana alam yang kerap kali terjadi di Haiti juga menjadi salah satu faktor mengapa perkembangan ekonomi di negara ini sangat lamban.

Di tahun 2018 ini, diperkirakan pendapatan per kapita Haiti berada di angka, Rp 12,6 juta dengan upah minimum bagi pekerja di angka Rp 11 juta.

Setelah melihat pendapat per kapita masing-masing negara terkaya dan termiskin di dunia sekaligus gaji minimum mereka, menurut kamu gimana nih gaji minimum di Indonesia, masih wajar nggak ya?

Gaya Hidup Hiburan