Memperoleh Pendapatan Pasif: 5 Langkah Mudah Mendapat Uang saat Anda Tidur

Share this article with other mums

Dapatkan uang dengan sejumlah cara pendapatan pasif ini

Mendapat uang saat anda tidur –mungkinkah?

Terdengar mustahil memang, namun jika anda mengetahui dan mengikuti caranya, ini bisa menjadi kenyataan. Bagaimana? Dengan mengandalkan pendapatan pasif.

Kontras dengan istilahnya, mewujudkan pendapatan pasif mengandalkan banyak cara dan usaha. Ini bukanlah skema-menjadi-kaya-secara-instan; anda hanya perlu menemukan cara untuk memanfaatkan talenta serta sumber anda, menemukan caranya, maka anda akan mendapatkan uang dengan usaha minimal.

Ada sejumlah cara menciptakan pendapatan pasif. Dan anda tidak perlu memiliki banyak modal untuk itu. Berikut adalah cara sederhana yang bisa anda lakukan.

1. Sewakan properti anda

Berterima kasihlah pada model “ekonomi berbagi” (sharing economy), sehingga dengan mudah anda dapat memperoleh uang. Tidak memiliki apartemen? Anda bisa menyewa ruangan atau bahkan gunakan Airbnb!

Siapa bilang jika tidak memiliki properti berarti tidak bisa menyewakannya? Mungkin anda punya alat musik yang bisa anda sewakan. Atau kamera DSLR yang jarang anda gunakan. Atau bahkan tas serta gaun bermerk anda!

2. Mulailah bisnis e-commerce

Menjual produk di internet tidak begitu saja memperoleh uang dengan sendirinya, namun akan lebih mudah jika anda membuat toko online-nya. Semakin banyak orang sekarang berbelanja online, dan saat anda ingin memulai berjualan, anda tidak perlu membuat situs anda sendiri –BANYAK sekali platform e-commerce yang bisa anda pilih, contohnya: Lazada, Shopee, Alibaba, Amazon, dan masih banyak lagi.

Ditambah, anda dapat menggunakan jasa ekspedisi seperti Oberlo. Dengan begini, anda hanyalah perantara antara pembuat produk dengan pembeli. Sehingga sangat mungkin bagi anda menjalankan bisnis e-commerce tanpa menghabiskan banyak uang hanya untuk jasa pengemasan.

3. Jual keahlian anda

Saat ini banyak sekali informasi di ujung jari anda, membuat konten dapat sangat bermanfaat untuk menghasilkan uang. Mulai dari minat dan passion anda, atau keahlian yang anda punya, misalnya saja, anda ahli menata rambut, pertukangan, public speaking atau bahkan stand-up comedy yang dapat membuat orang tertawa.

Anda bisa memulai sebuah blog atau kanal YouTube; sekali anda membuatnya menarik untuk diikuti, anda dapat memperoleh uang dari iklan, sponsor, atau bahkan menjual situs anda sendiri. Anda bahkan dapat menawarkan kursus online melalui platform seperti Skillshare dan Udemy.

4. Investasi deposito dari tabungan anda

Tentu saja, menyimpan uang di dalam tabungan tidak terdengar menarik untuk memperoleh uang lainnya. Tetapi selalu ada cara mendapat akses mudah memperoleh dana darurat, dan tentu anda dapat memperoleh ekstra keuntungan dari sini melalui bunganya.

Depositokan tabungan anda dan peluang mendapat bunganya bisa dimulai dari 1%, meskipun ada sejumlah bank online dengan bunga melebihi 1%.

5. Jual hasil jepretan anda

Anda tidak perlu menjadi fotografer profesional dengan perlengkapan serba canggih untuk mendapat uang dari foto-foto yang anda hasilkan. Aplikasi seperti Stockimo dan Foap memberikan anda kesempatan menjual foto yang diambil dari HP anda.

Anda mungkin susah mencari satu hari libur dari pekerjaan rutin anda, namun mendapatkan ekstra pendapatan bisa jadi salah satu cara yang membawa anda menuju kebebasan finansial.

Investasi Properti Karir Kewirausahaan