Memilih Kartu Kredit: Kartu Kredit Macam Apakah yang Pas untuk Anda?

Share this article with other mums

Bagaimana Anda menemukan kartu kredit yang tepat untuk segala kebutuhan Anda?

Dengan begitu banyak pilihan, apa yang harus kita ingat saat harus memilih kartu kredit?

Pertama-tama, jangan takut untuk melakukan survei di antara banyaknya institusi finansial maupun berbagai jenis bank. Sekalipun pihak bank akan membimbing Anda untuk memilih kartu yang menyesuaikan kondisi tabungan Anda, bisa jadi mereka tak memiliki kartu kredit yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sebelum Anda mulai mencari-cari, berikut adalah beberapa tips untuk bisa mengidentifikasi tipe pengguna kartu kredit semacam apakah diri Anda.

1. Si Pemburu Reward

Apakah Anda membayarkan balance secara tepat waktu dan langsung lunas setiap bulannya? Jika demikian, sistem and kartu kredit berbasis reward bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda. Inti dari sistem ini adalah, Anda akan menggunakan pinjaman bebas bunga berjangka waktu 20-30 hari guna membayar pengeluaran harian Anda sekaligus menghimpun rewards pada saat melakukannya.

Jika Anda merasa kartu ini cocok dengan profil Anda, pikirkan apa yang akan memberikan benefit paling besar terhadap pengeluaran-pengeluaran Anda maupun pembelian yang direncakan.

Kartu yang memberikan poin belanja. Anda dapat mengontrol kebiasaan baik belanja bulanan dengan cara mendapatkan kartu yang bisa memberikan poin atau diskonan untuk barang-barang yang Anda beli secara rutin—belanja kebutuhan rumah tangga, bensin, dll.                                                                                                                                                                     

Kartu yang banyak memberikan cash-back. Pilihan ini sempurna bagi mereka yang ingin terus mengembangkan dananya. Jika dibandingkan dengan sistem lain berbasis-poin, atau kartu dengan banyak benefit, secara kuantitatif cash-back tidak memberikan terlalu banyak. Namun mereka menawarkan sesuatu yang terdengar sangat menggoda, yaitu…cash! Sistem ini secara umum memberikan Anda uang kembali secara kontan sebesar 1 hingga 1.5% dengan batas limit tertentu, yang memungkinkan Anda untuk memakai rewards semau Anda.

Kartu travel. Merencanakan pergi-pergi? Ingin lebih sering travel? Pilih satu dari kartu kredit bernilai travel rewards yang banyak ditawarkan, dan akan memberikan miles penerbangan bagi Anda setiap kali menggunakan kartu untuk transaksi. Kartu kredit Anda bisa digunakan untuk mendanai petualangan Anda berikutnya atau jalan-jalan sekeluarga.

Kartu dengan bonus hiburan. Sering keluar kota? Carilah kartu yang menawarkan banyak diskon dan cash back untuk aktivitas makan di luar dan entertainment.

2. Konsolidator Hutang

Apakah Anda hanya membayarkan nilai balance dalam batas minimum pada kartu Anda setiap bulannya? Apakah Anda sedang berada di tengah proses pelunasan hutang kartu kredit? Kalau memang demikian, kartu dengan penawaraan 0% balance transfer bisa menjadi pilihan Anda.

Kartu semacam ini memungkinkan Anda untuk mengkonsolidasikan hutang dan membayarnya dengan cukup leluasa, karena Anda tak harus membayarkan biaya bunganya. Secara umum, transaksi kredit dengan bunga 0% baru bisa berlaku antara 3-6 bulan. Jika masih ada hutang yang belum lunas dalam jangka waktu tersebut, rate bunga yang berlaku pada umumnya sangat tinggi—mungkin bahkan lebih tinggi dari kartu yang pernah Anda miliki sebelumnya.

Jadi sebelum mengambil pilihan ini, perhatikan pembayaran Bunga minimum yang Anda buat setiap bulannya dan lihat apakah ada hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membayar modal sesuai waktu yang telah dialokasikan. Jika Anda belum bisa membayar debit (balance traferred) dengan lunas sebelum reward bunga 0% berakhir, pastikan ANda telah membandingkan nilai yang berlaku dengan kartu baru yang Anda taksir agar merasa yakin kalau balance transfer merupakan jalan yang mengeluarkan biaya paling sedikit untuk menyelesaikan hutang Anda. If you are unable to pay the debt (balance transferred) in full before the 0% interest offer expires, make sure that you’ve compared your existing interest rate to that of the new card so you’re absolutely certain that a balance transfer is the most cost efficient way to resolve your debt.

3. Debitor Temporer

Sedang kesulitan keuangan? Atau Anda sedang merencanakan pengeluaran yang tak mungkin Anda bayarkan dalam sekali waktu? Yang bisa dilakukan adalah mencari kartu kredit dengan rate bunga yang memungkinkan Anda untuk membayarkan hutang seefisien mungkin.

Jika memungkinkan, bayarlah pada limit minimumnya plus prosentase capital yang sanggup Anda dapatkan setiap bulannya, jadi Anda dapat naik kelas menjadi Reward Reaper, alih-alih hanya menjadi seorang Debitor Temporer.

Apapun jenis kartu kredit yang Anda pilih, pastikan Anda yakin dengan komitmen yang telah dibuat. Selalu baca syarat tercetak, pahami rate bunga, biaya tahunan, pengeluaran, apakah Anda memenuhi syarat, dll. Sama halnya dengan hal lain yang terkait dengan keuangan, Anda harus sadar dan jujur mengenai kebiasaan penganggaran dan belanja yang Anda lakukan.

Uang Kartu kredit & debit