4 Alasan Membeli Bisnis Mapan Lebih Baik Daripada Memulai dari Nol

Share this article with other mums

Untuk memulai bisnis sendiri, anda perlu melalui segala ujian dan kesalahan. Setelahnya anda akan menemukan bahwa nilai kesuksesan berangkat dari sejumlah kegagalan. Begitulah segala sesuatunya akan berjalan baik.

Namun tentu saja, anda mesti melakukan segala hal untuk membuka peluang kesuksesan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah memilih bisnis yang telah mapan berdiri ketimbang memulainya dari nol.

Cari tahu berapa banyak bisnis mapan yang telah berdiri dan dijual di sekitar anda.

Pertama kali saya memulai bisnis, setelah lima tahun berkutat dengan bisnis perdagangan komoditas, saya ingin memiliki bar dan restoran, dari nol. Ayah saya, yang juga seorang pengusaha, menasihati, “Sebelum kamu menginvestasikan seluruh uangmu, belilah restoran atau bar yang sedang membutuhkan modal.”

Saya pun menuruti sarannya dengan ragu, mengesampingkan gengsi sendiri. Ternyata saran ayah saya adalah keputusan terbaik saat itu. Sampai sekarang, saya menjalani sejumlah bisnis dan tidak berniat menjualnya satu pun. Sukses yang saya dapat tentu berkat kerja keras dan visi yang terus saya jaga.

Berikut adalah sejumlah alasan mengapa membeli bisnis yang telah berdiri jauh lebih baik dibandingkan memulai dari no:

1. Mengurangi faktor risiko

Menjalani bisnis selalu satu paket dengan risiko yang harus kita lalui. Salah satunya adalah pengembalian investasi yang lebih rendah dan tidak terantisipasi. Akibatnya fatal. Anda bisa saja harus menutup bisnis anda.

Dengan membeli bisnis yang telah berdiri dan mapan, anda mengurangi sejumlah risiko. Investasi awal anda telah mencakup kantor yang sudah tersedia, database pelanggan, brand, inventaris, dan sebagainya.

Jika anda tetap bersikukuh memulai bisnis dari nol, maka investasi yang anda butuhkan akan semakin banyak dan risiko yang ditanggung pun semakin besar.

2. Waktu adalah segalanya

Memulai bisnis dari nol akan memakan waktu yang tidak sebentar. Jika anda tidak yakin tentang pilihan bisnisnya, saya sarankan anda tidak perlu membuang-buang waktu.

Dengan membeli bisnis yang telah berdiri, perusahaan anda tidak akan butuh proses pembentukan dari awal. Karena yang dibutuhkan adalah kemajuan perusahaan dan keberlanjutan. Ini akan memungkinkan anda fokus pada tujuan bisnis anda tanpa membuang waktu percuma.

3. Kelengkapan untuk menjalankan bisnis dan berdagang

Pengeluaran besar dalam memilih bisnis yang telah mapan dan berdiri adalah dengan menjalaninya. Anda perlu sejumlah alat atau kelengkapan untuk melakukan transaksi. Setiap bisnis harus memiliki nilai jual, dan jika anda memulainya dari nol anda betul-betul harus menjual sekeras mungkin. Dan itu butuh berhari-hari, bulan atau bahkan tahunan.

Saat anda membeli entitas yang siap, anda mendapatkan nilai jual, code of conduct , SOP, dan data pelanggan mereka. Semua diserahkan kepada anda, dan motivasi anda untuk menjalani bisnis ini lebih baik adalah memajukan bisnis dengan capaian yang berkelanjutan.

4. Pengetahuan adalah kekuatan

Jika anda membeli bisnis yang telah berjalan, anda membeli sebuah pengetahuan. Hal itu akan menjadi pelajaran berharga saat anda ingin memulai bisnis baru lainnya dari nol.

Segalanya tentu ada pro dan kontra. Tergantung bisnis apa yang ingin ada geluti. Mulailah menganalisis dan mempelajari apa yang terbaik bagi anda. Sebelum anda membeli bisnis tersebut, hal terpenting adalah lakukan uji kelayakan.[]

Perjalanan Hidup Karir Kewirausahaan Kisah Nyata