Hari Kucing Sedunia: Hemat Biaya Perawatan Kucing dengan 5 Cara Ini!

Share this article with other mums

Punya kucing lucu tapi mahal merawatnya? Nih ada 5 cara untuk menghemat perawatannya!

Kucing lucu memang digemari banyak orang khususnya pecinta kucing. Tapi apakah biaya perawatannya selucu senyum dan tingkah makhluk kecil ini?

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak digemari untuk dipelihara, membayangkan pulang ke rumah dengan sambutan suaranya yang lucu dan tingkah laku yang sangat menggemaskan bikin siapa saja bisa mudah jatuh hati dengan hewan satu ini.

Hewan ini memiliki ragam jenis, mulai dari kucing lokal hingga kucing yang berasal dari bermacam ras. Meski berbeda, ada satu kesamaan dari semuanya. Yaitu biaya perawatan yang cukup menguras kantong. Makanannya harus sangat diperhatikan, perawatan bulunya, kebersihan badannya dan lain sebagainya.

Mumpung kemarin adalah Hari Kucing Sedunia, AMG punya trik agar perawatan kucing lucu menjadi murah dan tak membebani finansialmu. Simak yuk!

Kucing Lucu: Perawatan Serta Biayanya!

kucing lucu

#Makanan

Tak hanya kucing, semua jenis binatang peliharaan harus diperhatikan sekali makanannya. Tak boleh sembarangan memilihkan dan memberikan makanan kepada mereka karena akibatnya akan sangat buruk bagi kesehatannya.

Jika salah memberikan makanan, apalagi tidak cocok, salah satu dampak yang terlihat adalah bulu halusnya akan rontok, nafsu makannya berkurang pencernaannya jadi tak sehat lalu mengalami diare. Kasihan kan?

Maka penting sekali memilihkan makanan yang tepat bagi kucingmu tercinta. Jenis makanan kucing dibagi menjadi dua jenis yaitu makanan basah (wet food) atau makanan kering (dry food). Nah, kedua jenis makanan ini banyak sekali dijual di pasaran dengan berbagai merek. Setiap merek juga dijual dengan kisaran harga yang berbeda sesuai dengan kandungan nutrisi dan kemasannya.

Jika kucingmu lebih menyukai wet food, kisaran harganya ada di angka Rp 6,000 – Rp 25,000 sedangkan dry food berada di kisaran angka Rp 28,000 – Rp 1,000,000.

#Kandang Kucing dan Ragam Perlengkapannya

Selain makanan, kamu juga harus perhatikan kandang atau tempat tidurnya dan perlengkapan yang berkaitan dengan kucing seperti sekop, pasir dan tempatnya, tempat makan dan minum, dan ragam mainan agar kucingmu tak merasa bosan.

Untuk kandang saja varian harganya bermacam-macam tergantung dari material yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatan. Ada kandang besi, kandang plastik dan kandang portable. Kisaran harganya mulai dari Rp 140,000 hingga Rp 1,500,000.

Sementara untuk ragam perlengkapan lainnya, kamu dapat membelinya di petshop terdekat atau juga cari secara online di e-commerce terpercaya.

#Grooming

Grooming merupakan salah satu jenis perawatan yang diberikan kepada hewan peliharaan agar tubuhnya terawat sehingga kesehatannya pun terjaga. Agar kucing lucu peliharaanmu tetap menjadi kucing yang lucu nan sehat, bawalah kucingmu ke petshop terdekat yang menyediakan jasa grooming untuk kucing.

Jasa grooming ini biasanya meliputi pembersihan telinga, kuku, dan pemandian kucing. Namun setiap petshop memiliki kisaran harga yang berbeda sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Berikut kisaran harganya:

Mandi reguler: Rp 50,000 – Rp 120,000

Mandi kutu: Rp 75,000 – Rp 150,000

Mandi jamur: Rp 75,000 – Rp 150,000

Mandi lengkap: Rp 100,000 – Rp 200,000

#Vaksinasi

Vaksinasi tak hanya dilakukan untuk manusia saja, namun kucing juga perlu mendapatkan vaksinasi agar mereka terhindar dari berbagai macam penyakit yang potensial menyerang hewan peliharaan kesayanganmu ini.

Vaksin untuk kucing biasanya dibagi menjadi tiga tahapan,ada tricat, tetracat dan rabies. Setelah kucingmu mendapatkan vaksinasi lengkap ada baiknya jika kamu memberikannya secara rutin setiap satu tahun sekali. Berikut panduannya:

  • Vaksin Tricat

Vaksin ini diberikan kepada kucing yang berusia 8 – 10 minggu. Fungsi vaksinasi tahap pertama ini adalah agar melindungi kucing dari bahaya penyakit feline panleycopenia, felinerhinotracheitis dan feline calicivirus. Kisaran harga vaksin ini ada di angka Rp 80,000 – Rp 200,000.

  • Vaksin Tetracat

Fungsi vaksin tahap kedua ini kurang lebih sama dengan vaksin tahap pertama, yang membedakan hanyalah penambahan imun akan virus clamydia. Untuk memberikan vaksin tetracat, pastikan kucingmu ada di usia 12 – 14 minggu dan kisaran harganya ada di angka Rp 170,000 – Rp 200,000.

  • Rabies

Seperti hewan pada umumnya, vaksin rabies diberikan untuk melindungi mereka dari virus rabies. Jangan terlalu muda, pemberian vaksin rabies idealnya ketika kucingmu berusia 20 minggu ke atas. Kisaran harganya ada di angka Rp 80,000 – Rp 100,000.

#Vitamin

Selain vaksin, kucing juga harus diberikan vitamin untuk menjaga stamina, nafsu makan dan berbagai manfaat lainnya. Kisaran vitamin untuk kucing dijual dengan kisaran harga Rp 20,000 – Rp 200,000.

#Dokter Hewan

Sama halnya seperti manusia, kucing juga butuh diperiksa kesehatannya secara rutin. Selain itu, jangan tunda-tunda pergi ke dokter hewan jika kucingmu sakit. Harga dokter hewan pun beragam, tergantung perawatan dan biaya obat-obatan yang diberikan. Ada yang mematok harga hanya di kisaran ratusan ribu namun ada juga yang hingga mencapai jutaan rupiah.

Trik Hemat Biaya Perawatan Kucing Lucu

Biasanya mereka pecinta kucing tak ragu untuk mengeluarkan kocek berlebih demi merawat peliharaan tersayangnya. Namun jika semua itu dapat dihemat biayanya, kenapa tidak?

#1 Lakukan Riset Harga Sebelum Bertransaksi

Mulai dari perlengkapan hingga perawatannya, lakukanlah riset harga untuk mendapatkan yang termurah demi menghemat anggaran pemeliharaan kucing tercinta.

#2 Member

Kalau sudah berlangganan di sebuah petshop yang memberikan harga dan jasa perawatan yang bagus mengapa tak menjadi member saja sekalian? Sebab biasanya dengan menjadi member, kamu akan dapat mendapatkan beragam promo yang secara khusus hanya ditujukan oleh kucing, lho!

#3 Beli Makanan Kiloan

Sama halnya seperti saat kamu belanja bulanan, membeli bahan makanan dengan jumlah yang banyak atau grosiran dan kiloan tentu akan lebih murah ketimbang membeli kemasan kecil namun harus bolak-balik lagi membelinya ketika bahan makanan tersebut habis.

#4 Berikan Vitamin Alami

Jika membeli vitamin kucing di petshop masihlah dirasa mahal, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan vitamin alami dalam bentuk madu murni dan minyak ikan. Murah dan mudah didapat bukan?

#5 Jaga Kebersihan Lingkungan

Apabila lingkungan sekitar kotor, tentu kucingmu juga jadi lebih rentan terserang penyakit. Hal ini harus dihindari demi menghemat biaya perawatannya ke dokter hewan. Jadi kamu hanya perlu ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan rutin bukan lantaran kucingmu terserang sebuah penyakit.

Nah, gimana girls, sudah siapkah kamu merawat kucing lucu milikmu sendiri?

Baca juga: 4 Deretan Artis Perempuan Terkaya di Indonesia, Siapa Tempati Posisi Teratas?

Gaya Hidup Hiburan