3 Kebiasaan boros yang harus Anda hentikan sekarang juga, ini solusinya!

Share this article with other mums

Kebiasaan boros justru menjauhkan diri Anda dari kebebasan finansial. Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan dan bisa jadi masih kerap Anda lakukan hingga saat ini.

Alah bisa karena biasa. Begitulah pepatah bicara. Perilaku yang dilakukan secara berulang akan membentuk kebiasaan, namun tentu saja jika buruk dampaknya bukan berarti tak dapat dihentikan. Jangan sepelekan dampak hidup boros, mari temukan solusi mengatasi sifat boros di sini! 

Pada awalnya, saya sangat senang menghamburkan uang demi kepuasan batin semata. Bahkan, bertahan hidup dengan saldo nol rupiah telah menjadi hal wajar yang saya temui setiap bulannya.

Butuh waktu bagi saya untuk dapat menyadari hal ini dan mengubah sifat boros saya—dan saya masih terus berupaya keras untuk menghilangkannya—paling tidak saya sudah mencoba perlahan untuk mengendalikan pengeluaran, penyesalan memang selalu datang belakangan. Jika tidak mengubah kebiasaan borosmu sekarang, kapan lagi?

Dampak hidup boros #1 Mengeluarkan uang berlebih demi hidup yang praktis

Seberapa sering kamu makan siang di mall demi menghindari dari terik matahari walau harganya lebih mahal dari warung nasi sederhana di belakang kantor? Naik ojol kemana-mana meski jaraknya bisa ditempuh dalam 10 menit berjalan kaki? Banyak sekali jasa yang didesain untuk membuat hidupmu lebih praktis—namun tentunya semua ini nggak gratis. Bayangkan berapa rupiah yang bisa ditabung untuk kondisi daruratmu kelak?

Solusi mengatasi sifat boros #1

Bawa bekal atau makan di warung nasi sederhana. Berjalan kaki akan membuatmu lebih sehat, lho! Lakukan sedikit penyesuaian agar tak terus menerus sengsara di akhir bulan ketika melihat saldo rekening yang kosong.

Dampak hidup boros #2 Belanja secara Impulsif

Akui saja, perempuan mana sih yang kuat menahan godaan tas-tas atau sepatu lucu? Begitu juga dengan make up yang dibeli hanya berdasarkan review racun dari para beauty influencer. Jika kamu suka berbelanja secara impulsif apalagi saat dilanda stress, sudah waktunya kamu evaluasi lagi kebiasaanmu yang satu ini.

Solusi mengatasi sifat boros #2

Jika tak memiliki rencana untuk belanja, lebih baik tinggalkan saja kartu kreditmu di rumah dan bawa uang tunai secukupnya agar kamu tak tergoda melirik barang-barang yang sebetulnya tak begitu dibutuhkan.

Dampak hidup boros #3 Buang-buang uang untuk aktivitas kurang sehat

dampak hidup boros, solusi mengatasi sifat boros

Bukan hanya rokok dan alkohol saja, karena sudah tentu kedua hal ini harus dikurangi jatah konsumsinya jika kamu berniat menjaga kesehatan fisik dan dompetmu. Cokelat, kecanduan video game yang perlu mengeluarkan uang, hiburan-hiburan yang berlebihan dan aktivitas lainnya yang tidak membuatmu lebih sehat.

Solusi mengatasi sifat boros #3

Andai saja berhenti merokok bisa semudah kentut! Jika merasa kesulitan, lakukanlah secara perlahan namun dengan tekad yang kuat. Jika kecanduan dengan video game, cobalah alihkan dengan game-game seru yang bisa dilakukan dengan orang-orang sekitar. Sehingga hidupmu lebih sehat dan kebersamaan dengan kerabat juga dapat terjalin dengan baik.

BACA: 6 Kebiasaan Buruk Yang Tak Dilakukan Orang-Orang Kaya (Dan Mestinya Anda Hentikan ASAP)

Uang Tabungan Perencanaan Keuangan