Jangan Salah, Ini Waktu yang Tepat untuk Jual iPhone Lamamu!

Share this article with other mums

Kapan waktu yang tepat untuk upgrade iPhone-mu?

Pas banget nih, iPhone dikabarkan telah meluncurkan iPhone XS terbarunya! Nah, jika kamu berpikir untuk jual iPhone lama dan upgrade ke iPhone yang baru, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah ini saat yang tepat untuk menjualnya?

Sama halnya seperti mobil, handphone pun mengalami penurunan harga seiring berjalannya waktu. Jika kamu sedang berpikir-pikir, apakah ini saat yang tepat untuk menjualnya. Simak dulu ulasan berikut ini!

Jual iPhone: Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjual iPhone-mu?

jual iphone

Sumber: Pixabay

Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu paham mengenai konsep depresiasi atau penurunan harga. Salah satu faktor yang menyebabkan harga sebuah ponsel turun adalah resiko model ponsel tersebut menjadi kuno dan kalah saing dengan banyak tipe dan jenis ponsel pendatang baru.

Ketika sebuah ponsel baru diluncurkan dengan fitur yang lebih canggih dan keren, maka ponsel lamamu akan terkena resiko menjadi semakin ‘kuno’ atau ketinggalan jaman. Jadi akan masuk akal sekali jika pengumuman sebuah peluncuran jenis ponsel baru berpengaruh terhadap harga ponsel bekas.

Menurut MusicMagpie, pekan di mana jenis ponsel baru diumumkan maka jenis lama dari brand yang sama biasanya akan menurun drastis. Oleh karena itu, jika kamu berniat jual iPhone lamamu, sebaiknya dilakukan sebelum tipe iPhone terbaru dijadwalkan untuk meluncur.

Harga jual iPhone lamamu akan 25% lebih baik jika dijual sebelum pengumuman dari Apple keluar.

Menariknya, jika kamu berniat untuk mendapatkan tipe iPhone terbaru dengan harga yang terjangkau, maka sebelumnya kamu harus memiliki tipe iPhone yang tepat di bawahnya untuk menyesuaikan harganya.

Jual iPhone: Ponsel Apa sih yang Memiliki Value Lebih Tinggi Dibandingkan Tipe Lainnya?

jual iphone

Sumber: Pixabay

Bagaimanapun, jika kamu BUKAN pengguna iPhone, mungkin inilah saatnya kamu berpindah haluan.

MusicMagpie juga mengungkapkan semua brand ponsel yang ada dan menemukan bahwa iPhone memiliki value yang cukup hebat karena hanya kehilangan sebesar 45% dari nilainya setelah 12 bulan lamanya dari tipe tersebut diluncurkan.

Sementara Samsung sendiri kehilangan hingga 62% dari nilainya dalam jangka waktu yang sama.

Nah, salah satu brand terburuk berasal dari China yaitu OnePlus. Setelah jangka waktu 12 bulan, brand ini kehilangan sekitar 97% dari nilainya.

jual iphone

Sumber: MusicMagpie

Nah, jika di atas telah dijelaskan perang antar brand, ternyata satu brand Apple antar model juga memiliki nilai depresiasi yang berbeda. Contohnya, iPhone X adalah model iPhone yang memiliki nilai depresiasi terbaik.

Setelah pertama kali rilis di akhir tahun lalu, iPhone X dapat mempertahankan 68% dari nilai awalnya.

jual iphone

Sumber: MusicMagpie

Brand ponsel lainnya seperti HTC, Huawei dan OnePlus memiliki nilai depresiasi terendah. HTC Desire 820 kehilangan nilainya hingga 95%, sementara Huawei Honor 5X dan OnePlus kehilangan nilai hingga 94%.

Nah, jadi kalau kamu berpikir kira-kira kapan waktu yang tepat untuk jual iPhone lamamu atau ponsel dengan merk lainnya, ingatlah panduan ini!

Sumber: MusicMagpie

Kalau kamu, apa rela jual iPhone lamamu sebelum pengumuman resmi iPhone terbaru keluar?

Disadur dari artikel Sarah Voon asianmoneyguide Singapura.

Baca juga: Rilis 3 Model Sekaligus, iPhone XS, XS Max dan XR, Berapa Harganya?

 

Gaya Hidup Hiburan