Penelitian: Jatuh Cinta Bikin Kamu Kurang Produktif, Apa Benar?

Share this article with other mums

Merasa terdistraksi sama gebetan? Jangan sedih, kamu nggak sendirian!

Nggak ada yang salah dengan jatuh cinta, tapi menurut penelitian hal ini malah membuatmu jadi kurang produktif. Apa betul?

Jadi jika kamu sedang memiliki gebetan baru, dan sudah ada lampu kuning dari si dia. Bisa dipastikan sebentar lagi, hanya dia yang memenuhi pikiranmu. Well, hal ini tentu baik bagi perkembangan hubungan yang sedang terjalin, tapi apa hal ini juga pertanda bagus untuk karirmu? Belum tentu.

Nah, kalau kamu sudah merasa kurang produktif karena kesibukanmu dengan si dia, tenang, karena kamu nggak sendirian! Penelitian juga menemukan bahwa, jatuh cinta dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus pada pekerjaannya.

jatuh cinta

Sumber: Pexels

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Motivation and Emotion menemukan bahwa mereka yang baru memulai hubungan baru (sekitar kurang dari enam bulan) akan sangat tersita perhatian dan fokusnya untuk pasangannya sehingga tugas dan pekerjaannya sehari-hari seringkali diabaikan.

Peneliti bernama Henk van Steenbergen menjelaskan kepada Hufftington Post hal ini dapat terjadi karena otak manusia hanya mampu mengalokasikan sumber yang terbatas. “Bisa saja, sifat obsesif dari cinta yang menggebu-gebu itu yang justru mempengaruhi otak manusia dalam melakukan hal-hal lain yang butuh pengendalian diri, seperti pekerjaan sehari-hari.”

Dengan kata lain, jika pikiranmu terfokus pada pasangan barumu, maka otakmu tak mampu fokus pada hal lainnya, termasuk pekerjaanmu.

Jatuh Cinta Membuat Kamu Kurang Produktif, Bagaimana Mengatasinya?

Kebanyakan orang tak bisa membuang perasaannya saat jatuh cinta untuk sementara dan fokus pada pekerjaan lalu hadirkan kembali saat pekerjaan telah selesai. Sensasi jatuh cinta itu merupakan suatu anugerah, buat apa terburu-buru menghilangkan sensasi itu?

Nah, supaya saat jatuh cinta kamu tak keteteran dengan tugasmu sehari-hari, coba lakukan beberapa hal di bawah ini!

#1 Lihat Perspektif Lain

Saat kamu jatuh cinta, akan sangat sulit sekali menyingkirkan si dia dari pikiran.

Tapi coba deh kamu lihat dari perspektif lain. Kamu harus berusaha lebih untuk mengembalikan fokusmu pada tujuan jangka panjang dan tanyakan ke dirimu sendiri mengapa sangat penting untuk kembali produktif di karir yang sudah kamu bangun susah payah ketimbang melamuni si dia sepanjang hari.

#2 Buat Batasanmu Sendiri

Jangan biarkan gebetanmu ini merampas kehidupan yang kamu punya, maka penting untukmu untuk membuat batasan. Nih, contohnya batasi jadwal ketemuan yang tadinya hampir setiap hari menjadi yah 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu. Gunakan waktu saat tak bersama dia menjadi waktu berkualitasmu dengan keluarga dan teman-teman.

Tapi jangan sampai si dia tersinggung, kamu harus bisa meyakinkannya bahwa kamu melakukan hal ini untuk mendukung hubungan yang sehat.

#3 Singkirkan ‘si Dia’

Bukan menyingkirkan dia secara harfiah, lho! Biasanya orang jatuh cinta itu lagi seneng-senengnya unggah kebersamaan di media sosial. Fotonya dicetak terus ditaruh di meja kerja. Nah, yang model begini ini nih yang bakal bahaya banget bagi keproduktivitasanmu dalam pekerjaan.

Menurutmu, apa betul jatuh cinta bisa bikin kamu kurang produktif?

Baca juga: Biaya Pernikahan Mahal Malah Picu Perceraian Menurut Penelitian?

Karir Tips