3 Investasi Mudah dan Minim Resiko untuk Pemula, Sudah Coba?

Share this article with other mums

Investasi untuk pemula memang tak mudah dicari, apalagi dengan minimnya pengalaman dan pengetahuan mengenai investasi. Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab AMG akan berikan 3 rekomendasi bentuk investasi yang sangat mudah dan minim resiko untuk kamu yang ingin berinvestasi namun masih ragu dan bingung harus memulai dari mana. Simak yuk! Investasi untuk Pemula #1 Emas

Investasi untuk pemula memang tak mudah dicari, apalagi dengan minimnya pengalaman dan pengetahuan mengenai investasi.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, sebab AMG akan berikan 3 rekomendasi bentuk investasi yang sangat mudah dan minim resiko untuk kamu yang ingin berinvestasi namun masih ragu dan bingung harus memulai dari mana. Simak yuk!

Investasi untuk Pemula #1 Emas Batangan

investasi untuk pemula

Sudah rahasia umum bahwa emas adalah salah satu bentuk barang yang dapat diinvestasikan karena nilainya yang semakin lama semakin tinggi. Eits, tapi jangan samakan dengan emas perhiasan ya. Sebab emas perhiasan betapapun naiknya nilai emas, akan tetap terkena potongan jasa pembuatan. Kalau kamu niat investasi, lebih baik langsung membeli emas batangan di Antam.

Emas batangan yang dijual di Antam dijual dengan pecahan terkecil 1gr, kemudian disusul dengan pecahan 2.5gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr dan 500 gr. Untuk mengetahui nilai jual beli emas batangan, kamu cukup memantaunya secara online melalui situs logammulia.com 

Jika membeli emas batangan masih dirasa terlalu berat, kamu bisa mengikuti program menabung emas di bank atau program arisan emas dari Pegadaian atau arisan dengan teman-teman sendiri. Mudah bukan?

Investasi untukPemula #2 Properti

investasi untuk pemula

Membeli properti memang sekilas terlihat berat, setidaknya bagi pemula seperti kamu yang ingin memulai investasi. Tapi nggak perlu khawatir, untuk dapat berinvestasi properti kamu tak harus memiliki uang sebanyak itu, kok. Karena sekarang sudah menjamur properti yang dijual dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah alias KPR.

Kamu hanya perlu menyisihkan sedikit uang yang akan digunakan sebagai Down Payment atau uang muka. Cara lainnya adalah dengan menggunakan manfaat kartu kredit yaitu cash advance untuk membayar uang muka pembelian rumah. Bahkan belakangan banyak sekali developer yang memasarkan rumah-rumah subsidi yang hanya mewajibkan uang muka sekitar 5 – 10% dari nilai jual rumah tersebut.

Meski kamu mencicilnya ke bank, kamu tetap bisa kok mendapatkan penghasilan tambahan dari membeli properti, yaitu dengan cara disewakan kepada pihak ketiga. Lumayan kan kalau setiap bulannya kamu bisa mendapatkan uang untuk menutupi cicilan tersebut. Bayangkan saja dalam 10 tahun ke depan, rumah sudah menjadi milikmu dan bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Untung bukan?

Investasi untuk Pemula #3 Investasi Online Peer to Peer Lending

investasi untuk pemula

Semakin menjamurnya kehadiran fintech peer to peer lending, sebetulnya juga menguntungkan loh untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi. Jadi, sistem peer to peer lending itu mereka hanyalah perantara antara peminjam dan pemberi pinjaman alias investor. Sebut saja Akseleran, KoinWorks, Investree, Modalku dan masih banyak lagi startup fintech lainnya yang membuka tangan kepada masyarakat luas untuk berinvestasi.

Bahkan, di beberapa fintech peer to peer lending, ada yang membolehkan investor untuk menilik lebih dalam profil peminjam untuk mengukur seberapa besar resiko yang akan dihadapi jika kamu berniat menggelontorkan dana kepada peminjam tersebut.

Nah, dari ketiga jenis investasi untuk pemula di atas, kira-kira mana ya yang paling aman dan mudah menurutmu?

Investasi Tren Pasar