Influencer Marketing: Berapa Banyak Uang Yang Dihasilkan Selebriti Favorit Anda di Instagram?

Share this article with other mums

Pernah mencoba menerka-nerka berapa banyak uang yang dihasilkan para figur berpengaruh melalui pesan sponsor yang mereka posting? Jawabannya akan membuat Anda tak percaya.

Suka atau tidak, Anda tak bisa menyangkal pengaruh yang ditimbulkan oleh keluarga Kardashian, terutama di jagat media sosial. Kim Kardashian, yang pernah disebut sebagai Sosok Ibu Berpengaruh, telah menjadi bintang promosi mulai dari produk penumbuh rambut alat pengecil pinggang, hingga minuman penambah energi. Tak ada data yang memadai mengenai bagaimana aktivitasnya sebagai seorang endorser mempengaruhi grafik penjualan, namun dengan lebih dari 100 juta pengikut di Instagram, kita boleh mengatakan bahwa stempel approval darinya memang memegang kekuatan besar.

Dari sini, pernahkah Anda penasaran bagaimana para selebriti berpengaruh ini menetapkan tarif untuk mengiklankan sebuah produk? Menurut infografis yang dilansir oleh XCart, Kim K menghasilkan US$500,000 untuk setiap posting yang dibagikan ke publik.

Yup, Anda nggak salah dengar. 500,000. Dolar Amerika. Per. Postingan.

Jumlah sebesar ini bahkan tidak lantas membuatnya menjadi sosok dengan penghasilan tertinggi. Selena Gomez, yang punya akun dengan follower terbanyak di Instagram (128 juta follower), menetapkan tarif sebesar US$550,000 sekali posting.

Sementara Anda memungut rahang Anda yang terjatuh di lantai setelah menganga lebar-lebar, coba lihat infografis berikut:

Image: XCart

Mengapa kebanyakan sosok berpengaruh menggunakan Instagram?

Stelah melakukan survey terhadap 300 influencers, Adweek menemukan bahwa 91.9% menggunakan Instagram sebagai platform #1 mereka. Mengapa?

Satu hal yang pasti, pertumbuhan platformnya tak tersaingi—pengguna aktifnya dalam skala global telah meningkat hingga 357% sejak 2014. Sementara tingkat pertumbuhan Facebook hanya 57% dan YouTube hanya 50%.

Instagram juga cukup efektif—72% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka melakukan keputusan membeli berdasarkan sapa yang mereka lihat di platform ini. Tak heran kalau pihak brand rela mengeluarkan uang hingga US$1.1 milyar untuk iklan Instagram menggunakan tokoh berpengaruh hanya di tahun ini saja!

Ingin tahu lebih jauh lagi? Lihat infografis lengkapnya di sini.

Gaya Hidup Hiburan