Mengapa Literasi Finansial Penting? 4 Kerugian akibat Pengabaian Finansial

Share this article with other mums

Apakah seseorang bisa cuek tanpa mengetahui apapun soal keuangan di abad ke-21 ini?

“Saya tidak tertarik pada urusan keuangan,” kata Maria, 22 tahun, yang juga mengaku tidak memahami soal investasi, dan hanya tahu sedikit soal pengelolaan keuangan. “Maksud saya, apakah saya harus mempelajari seluruh hal itu? Tidak bisakah saya urus gaji dan memastikan ada tambahan di dalam akun bank?”

Maria tidak sendiri yang berpikir demikian. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa sebagian besar orang di dunia tidak tahu bagaimana caranya mengelola keuangan mereka. Bahkan, studi juga menemukan bahwa kelompok yang memiliki literasi finansial terbatas adalah orang miskin, tua dan –anda bisa tebak, perempuan.

Maka pada dasarnya, Maria tidak sendirian. Namun apakah itu berarti dia tidak perlu mendapatkan edukasi finansial?

TIDAK. Mengapa? Berikut penjelasan kami.

1. Anda harus paham mengenai finansial sebelum membuat keputusan

 

 

Tanpa pengetahuan yang cukup untuk mengelola keuangan anda, itu artinya anda berada di tepi jurang –terdengar menarik jika anda ingin bungee jumping, tapi kita bicara soal kebangkrutan.

Para peneliti menemukan bahwa jika anda memiliki pengetahuan yang cukup soal finansial maka peluang anda terlilit hutang akan semakin kecil dan anda akan memiliki rencana untuk masa tua/ pensiun anda.

2. Produk finansial semakin rumit

 

Mungkin nenek-kakek Maria –atau bahkan orang tuanya –tidak perlu belajar soal keuangan karena pada masa itu, produk keuangan jauh lebih sederhana. Namun hari ini, pilihannya semakin banyak, di mana kita bisa jadi semakin bingung.

Menurut Investopedia, karena produknya yang semakin rumit, nasabah yang tidak terpapar literasi finansial seringkali membuat keputusan yang tergesa-gesa, yang kemudian berkonsekuensi jangka panjang.

3. Kita harus menabung dan berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik

 

 

Tidak semua perusahaan menawarkan pensiun bagi para karyawan –bahkan, perusahaan seperti ini semakin jarang. Ditambah lagi, rentang makin panjang sekarang, yang artinya kita perlu menyiapkan waktu lebih untuk masa pensiun. Menyisihkan gaji anda setiap bulan adalah hal baik, namun ternyata belum tentu cukup untuk hidup di masa tua.

Anda perlu belajar mengelola uang, khususnya bagaimana berinvestasi dan meningkatkannya adalah hal penting saat anda berpikir tentang masa depan.

4. Dunia kita berubah

 

 

Saat ini kita hidup dalam ekonomi global dengan perkembangan teknologi luar biasa cepatnya. Ada banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi pendapatan dan pengeluaran kita. Jika anda tidak siap untuk segala kemungkinan, maka anda bisa gagal menghadapi situasi ini.

Bagaimana cara belajar literasi finansial

Banyak sekali instrumen yang dapat anda gunakan untuk belajar keuangan. Klik tautan ini dan anda dapat menemukan banyak sekali artikel menarik yang bisa anda pelajari.

Anda mungkin akan merasa kewalahan di awal, mungkin saja tidak menarik juga, tetapi saat anda memulai memahaminya satu persatu, anda akan merasa bersalah mengapa tidak memulainya dari dulu.[]

Uang Investasi Kalkulator Pinjaman & Tabungan