Kapan Sebaiknya Anda Mulai Menabung Dana Pensiun?

Share this article with other mums

Mengapa anda menunggu sampai usia 30 tahun untuk menabung masa pensiun? Pelajari artikel ini untuk mengetahui kapan sebaiknya anda memulainya Semakin cepat, semakin baik.

Bea Ong, 23 tahun, baru saja bekerja dan dia sangat senang menerima gaji pertamanya dan ingin membeli apa saja yang dia inginkan. Meskipun dia sedikit kesal karena orang tuanya terus mengingatkan untuk menabung bagi masa pensiunnya nanti. Bukankah 23 tahun masih terlalu dini untuk memikirkan masa pensiun? Tidak bisakah dia menikmati masa mudanya?

Sejujurnya, tidak. Ingatlah, semakin cepat anda mulai menabung dan menginvestasikan masa depan anda, itu akan semakin baik. Mengapa? Karena semakin banyak uang yang anda hasilkan, akan semakin banyak uang yang dikeluarkan.

Bagaimana mengelola bunga tabungan pensiun anda?

Hal baik dari menabung secara reguler dalam skema dana pensiun adalah anda akan mendapatkan bunga di tahun pertama dan semakin besar di tahun berikutnya. Ini menarik, bukan?

Maka jika anda memulai lebih cepat, tabungan anda akan lebih besar karena bunga yang didapat akan lebih panjang waktunya. Jika anda ingin melihat dampaknya, mulailah dari sekarang.

Katakanlah Bea telah menginvestasikan 100 dolar atau sekitar 1,3 juta rupiah tiap bulan dengan bunga sebesar 6% setiap tahunnya selama 10 tahun –artinya dia akan mendapatkan hasil pada 33 tahun. Saat usia 60 tahun, uang yang dia hasilkan adalah 78,731.69 dolar atau setara 850 juta rupiah.

Tapi bagaimana jika ia memulai telat 10 tahun kemudian, di usia 33 tahun? Meskipun dia tetap akan menginvestasikan uangnya, namun ia hanya mendapatkan 43,963.37 dolar atau setara 550 juta rupiah karena waktu yang terbatas. Itu artinya 40% lebih rendah dibandingkan memulai pada usia 23 tahun.

Ingatlah aturan 72. Jika anda membagi 72 berdasarkan nilai bunga, anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak! Secara logis, jika anda segera memulainya maka tabungan anda akan bertambah banyak seperti Bea.

Apakah telat memulai tabungan pensiun di usia 33 tahun?

Tentu saja tidak! Jika anda belum memula, segeralah lakukan. Berikut sejumlah tips untuk menolong anda. Ingat: lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

1. Komitmen

Anda tidak perlu memulai dengan jumlah besar, sesuaikan saja dengan kemampuan anda. Namun saat anda telah memulainya, anda harus yakin dan berkomitmen.

2. Ambil keuntungan dari dana pensiun perusahaan

Jika perusahaan anda memiliki skema dana pensiun, manfaatkan sebaik-baiknya. Beberapa perusahaan menerapkan sejumlah persentase untuk dana pensiun pegawai, maka jika ini berlaku bagi anda, anda dapat menyiapkan investasi lain untuk memenuhi kebutuhan anda.

3. Tetap menabung meskipun anda sudah menikah

Menyimpan dana pensiun sebelum menikah memang lebih mudah karena tidak ada tanggungan. Namun seketika anda memutuskan menikah dan berkeluarga, tidak berarti anda berhenti menabung. Ingatlah, anda bertanggungjawab untuk menentukan masa depan anda.

Untuk tips lain mengenai tabungan masa pensiun, berapapun usia anda, klik di sini.

Indonesia Uang Pensiun