5 Cara Ampuh Nagih Utang ke Teman yang Punya 1001 Alasan!

Share this article with other mums

Pusing kan kalau nagih utang ke teman tapi banyak banget alesannya?

Cara menagih hutang ke teman yang punya segudang alasan ketika ditagih  memang gampang-gampang susah, girls. Tapi bukan berarti nggak mungkin, kan?

Pasti deh ada di antara kalian yang pernah ngalamin hal serupa. Di antara sekian banyak teman yang kalian punya, pasti ada aja satu yang suka nebeng dibayarin makan atau pas lagi belanja. Sedikit-sedikit sih jumlahnya, tapi kalau dikumpulin lama-lama ‘kan bisa jadi bukit ya. Ya, tekor dong lama-lama.

Tapi tenang, girls, AMG bakal kasih kalian 5 cara menagih hutang ke teman dijamin ampuh!

Cara Menagih Hutang #1 Pura-pura Nggak Bawa Dompet

cara menagih hutang

Sering banget kejadian nih, teman kalian ngutang dengan alasan nggak bawa dompet. Siapa hayo yang punya temen model begini? Nah, coba deh gunakan cara ini juga untuk nagih utang yang nggak keliatan seperti sedang ‘menagih’.

Istilahnya sih seperti ‘senjata makan tuan’. Bikin aja rencana jalan bareng tapi sengaja nggak bawa uang banyak atau sengaja tinggalin dompet di rumah supaya kamu ada alasan untuk bergantung sama temanmu itu. Giliran harus bayar makanan di restoran, gantian dong bilang kalau kamu lupa bawa dompet. Dengan cara ini temanmu nggak akan merasa ditagih, tapi ya gantian aja bayarin kan kemarin udah kamu yang bayarin.

Cara Menagih Hutang #2 Pura-pura Ngidam Beli Sesuatu tapi Nggak Punya Uang dengan Wajah Memelas

cara menagih hutang

Sumber: tenor

Mungkin kamu emang lagi pengen banget beli sesuatu tapi harus berhemat lantaran uangmu berserakan di teman-temanmu yang ngutang itu. Nah, ini saat yang tepat untuk mengutarakan keinginanmu langsung di depan temanmu yang tukang ngutang ini.

“Duh.. aku lagi kepengen banget beli makeup baru yang dipromoin si beauty vlogger itu tuh. Tapi sayangnya lagi nggak ada uang. hikssss..”

Jangan lupa pasang wajah memelas dengan tatapan kosong. Lalu lanjutkan dengan bumbu, “Nanti aja deh belinya setelah kamu bayar utang ke aku..”

Cara Menagih Hutang #3 Sapa dengan Ceria Ketika Dia Baru Gajian

cara menagih hutang

Sumber: tenor

Nagih utang itu nggak perlu galak-galak, apalagi sama teman sendiri. Nanti yang ada dia malah kabur dan nggak bayar utang, lho!

Cara berikutnya adalah dengan menunggu waktu temanmu gajian. Jangan lupa perhatikan mimik wajahnya yang senang, dekati pelan-pelan lalu sapa dengan ceria “Cieee.. senyum-senyum nih. Lagi banyak duit ya abis gajian?Gantian dong jajanin!”

Cara Menagih Hutang #4 Sindir Halus Saat Kumpul Sama Teman-teman yang Lainnya

cara menagih hutang

Cari momen yang pas saat kamu dan temenmu yang tukang ngutang ini kumpul barengan dengan teman-teman yang lain. Angkat topik soal teman yang suka ngutang tapi nggak dibalik-balikin, sok-sok nanya pendapat mereka gimana cara menghadapi orang yang utangnya nggak dibalik-balikin padahal teman sendiri.

Eits, ngga usah keliatan nyinyir. Buatlah seolah-olah memang kalian sedang obrolin keburukan orang yang suka ngutang secara general bukan lantaran untuk memojokkan seseorang. Siapa tahu temanmu ada yang punya saran bagus dan bisa langsung dipraktekkan. Lumayan ‘kan kalau pulang kumpul-kumpul, utangnya jadi dibalikin.

Cara Menagih Hutang #5 Sindir Halus Lagi Pakai Artikel Ini!

cara menagih hutang

Kalau ternyata keempat cara menagih hutang di atas masih belum ‘greget’ buat bikin temanmu sadar untuk segera membayar utangnya, coba deh share artikel ini ke semua akun sosial media yang kamu punya. Siapa tau, dia baca dan baru ‘ngeh’ kalau ternyata dia punya utang sama kamu dan kamu sedang menantikan uangnya kembali.

Share link-nya ke Twitter dan Facebook, screenshot headline-nya melalui Instagram story, pasang di status WhatsApp. Pokoknya lakukan semua yang dibutuhkan agar temanmu ini sadar akan kelalaiannya membayar utang.

Nah, girls, ada nggak sih cara ampuh yang kalian tau selain kelima poin di atas? Share pengalamanmu yuk di kolom komentar!

Baca juga: Membongkar 4 Kebiasaan Buruk dari Orang Tua Soal Keuangan

Uang Perencanaan Keuangan