Pesta Pernikahan Mahal Malah Picu Perceraian Menurut Penelitian?

Share this article with other mums

Pernikahan hanya dilakukan dalam sehari, tapi membangun rumah tangga itu seumur hidup.

Nggak perlu menjadi orang yang jenius untuk tahu bahwa rumah tangga yang didasari oleh uang tak akan bertahan lama. Banyak orang yang habis-habisan dalam biaya pernikahan, namun banyak yang lupa bahwa pernikahan bisa dilaksanakan dalam sehari namun membangun rumah tangga itu butuh usaha seumur hidup!

Yap, mungkin kamu satu di antaranya, yang menginginkan pesta pernikahan yang bisa dikenang sepanjang masa dengan mengeluarkan biaya pernikahan yang tentunya nggak sedikit. Nggak banyak juga yang paham bahwa pesta pernikahan yang WAH belum tentu bisa menjamin kehidupan rumah tanggamu kelak akan selalu berbahagia.

Faktanya, malah sebaliknya.

biaya pernikahan

Sumber: Seputar Pernikahan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh profesor ekonomi bernama Andrew Francis-Tan dan Hugo M Mialon, pasangan yang mengeluarkan biaya pernikahan tinggi lebih cenderung mengalami potensi perceraian.

Para ahli ekonomi tersebut meneliti sekitar 3,000 pasangan menikah dan menemukan bahwa ada kemiripan karakteristik yang memungkinkan mereka untuk mengalami perceraian.

Biaya Pernikahan Mahal & Hubungannya dengan Potensi Perceraian

#1 Biaya yang dikeluarkan untuk cincin pernikahan

biaya pernikahan

Sumber: Pexels

Mereka yang percaya bahwa harus mengeluarkan uang sebanyak dua sampai tiga kali gaji bulanan untuk sebuah cincin pernikahan, mungkin telah tertipu oleh mitos dan aturan membeli cincin pernikahan! Faktanya, penelitian menemukan jumlah uang yang kamu keluarkan untuk cincin pernikahan berbanding terbalik dengan durasi pernikahanmu kelak.

Semakin banyak uang yang dikeluarkan untuk sebuah cincin pernikahan, kecenderunganmu untuk mengalami perceraian akan semakin tinggi, khususnya jika kamu mengeluarkan uang hingga Rp 20 juta ke atas.

“Secara spesifik, pria yang mengeluarkan uang di kisaran Rp 20 – 40 juta untuk cincin pernikahan lebih berpotensi mengalami perceraian sebesar 1.3 kali jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengeluarkan uang di kisaran Rp 5 juta – Rp 20 juta,” menurut penelitian.

#2 Biaya pesta pernikahan

biaya pernikahan

Sumber: Pexels

Well.. kamu nggak perlu sewa gedung di Balai Sudirman jika memang biaya pernikahan yang kamu berdua miliki kurang. Uangnya lebih baik digunakan untuk membeli rumah tinggal berdua atau untuk paket honeymoon agar lebih berkesan.

Penelitian juga menyebutkan, pasangan yang hanya mengeluarkan biaya pernikahan di kisaran Rp 10 – Rp 50 juta kemungkinan untuk mengalami perceraiannya mengecil sangat signifikan.

Di sisi lain, pernikahan yang menghabiskan biaya hingga Rp 200 juta ke atas kemungkinan mengalami perceraian membesar sekitar 1.6 kali.

#3 Seberapa besar pengaruh penampilan pasanganmu?

Kecantikan atau ketampanan itu sesuatu yang relatif, tergantung siapa yang melihatnya. Namun jika kamu sangat peduli bagaimana penampilan pasanganmu, bahkan memilih pasangan yang memiliki tampang cantik atau tampan untuk dinikahi, hal ini akan memperbesar kemungkinanmu untuk mengalami perceraian.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasangan yang memilih pasangan yang berwajah tampan atau cantik untuk dinikahi memiliki pengaruh besar resiko perceraian.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sangat memilih pasangan berdasarkan tampilan fisiknya, memiliki durasi pernikahan yang tidak lama,” ungkap Mialon kepada The Independent.

Bagaimana Meningkatkan Peluang Memiliki Pernikahan yang Langgeng?

biaya pernikahan

Sumber: Pexels

Hey, jangan putus harapan! Masih ada kok banyak cara untuk membuat pernikahanmu langgeng, salah satunya adalah memanfaatkan momen bulan madu bersama pasangan.

Nah, jadi daripada kamu buang-buang uang untuk biaya pernikahan saja, mungkin bisa dipertimbangkan untuk bulan madu ke lokasi-lokasi yang belum pernah kalian jelajahi berdua. Jangan terlalu takut cibiran orang, ‘kok anak si ini pernikahannya biasa saja ya..’ pikirkanlah rumah tangga yang hendak kalian bangun berdua kelak, bangun rumah yang nyaman untuk kalian tempati hingga tua nanti.

Kalau kalian lebih pilih mana, biaya pernikahan mahal untuk pesta mewah atau fokus ke kehidupan rumah tangga kelak?

Disadur dari artikel Sarah Voon Asian Money Guide Singapura.

Perjalanan Hidup Menikah