Bagaimana Caranya Menego Kenaikan Gaji: 9 Cara Sederhana untuk Naik Gaji

Share this article with other mums

Girl, you gotta know your worth!

Anda telah beberapa tahun menjalani pekerjaan dan berpikir sekarang saatnya anda naik gaji. Selain itu, performa anda luar biasa! Anda telah lembur untuk mengejar deadline, membantu pekerjaan kolega yang sedang cuti, dan mengerjakan inisiatif di luar job desk anda.

Membicarakan kenaikan gaji dengan atasan mungkin topik yang sensitif, dan memang sepertinya demikian. Namun bukan berarti anda urung membicarakannya. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

1. Pelajari lebih dalam

Pertama, anda harus tahu berapa skala gaji yang layak. Anda bisa mulai menanyakan teman dan kerabat berapakah gaji yang pantas dibayarkan dengan jenis pekerjaan anda sekarang. Percakapan ini bisa jadi tidak nyaman, namun biasanya ada teman yang bisa memberikan masukan, atau anda bisa juga menelusuri sejumlah website untuk mencari informasi.

2. Anda tahu apa yang anda inginkan

Siapkan diri anda untuk menjelaskan mengapa anda layak naik gaji. Anda harus memberikan bukti yang konkret tentang kontribusi berharga anda bagi perusahaan. Jadi, jika anda belum terlalu terlihat mengerjakan apa yang tidak dikerjakan kolega anda, maka mustahil anda memperoleh kenaikan gaji.

Namun jika anda selama ini melakukan pekerjaan extra dan luar biasa, maka anda berhak atas nilai lebih. Penting untuk dicatat bagaimana anda bekerja di dalam tim dan komunikasikan bahwa performa anda bekerja selama ini sudah melebihi peran dari rekan kerja yang lain.

3. Perhitungkan timing

Banyak perusahaan memiliki waktu evaluasi reguler untuk menilai performa staf mereka. Tunggu saja sampai mereka melakukan hal tersebut.

Namun jika proses evaluasi itu masih berbulan-bulan lamanya, atur saja bertemu dengan atasan anda saat anda baru saja mengerjakan deadline yang berat atau saat anda sedang menjalani tanggungjawab yang tidak sedikit. Dengan demikian, atasan anda memiliki penilaian baik tentang anda dan anda tidak perlu menjelaskan terlalu detail tentang apa yang anda telah kerjakan.

4. Berpikir tentang kerja kolaborasi, bukan konfrontasi

Menentang atasan anda adalah hal yang jangan sampai dilakukan. Tentu, anda perlu bersikap asertif, namun anda juga tetap harus ramah untuk memperoleh kesepakatan. Jangan dibawa perasaan (baper), cobalah untuk berbicara bersama maka negosiasi akan semakin lancar.

5.  Santai saja

Jangan terlalu tergesa-gesa saat mengajukan angka kenaikan gaji. Jika perlu, tunggu sampai atasan anda yang menawarkan jumlahnya sehingga anda bisa menego angka darinya. Jika atasan anda memaksa anda menyebutkan angkanya di awal, sebut saja angka kisaran dan bukan angka akhir. 

6. Pentingnya percaya diri

Berkomunikasi dengan meyakinkan adalah kunci negosiasi, maka perhatikan bahasa tubuh dan intonasi. Bicaralah santai, tenang, eye contact dengan posisi tubuh yang tegap dan terbuka.

7. Fleksibel

Mungkin saja perusahaan anda sedang tidak memiliki sumber dana cukup untuk menaikkan gaji. Jika begitu, apakah anda baik-baik saja jika digantikan dengan tawaran tunjangan lain? Misalnya saja anda dapat nego waktu libur, bekerja dari rumah, atau posisi yang lebih baik. Mereka bisa saja menawarkan anda kesempatan bersekolah atau pembagian saham perusahaan. Tetaplah berpikir terbuka dan anda tetap bisa bahagia dengan tawaran yang mereka berikan.

8. Tawarkan visi anda

Jika anda menegosiasikan promosi, ungkapkan berapa banyak kontribusi yang bisa anda curahkan bagi perusahaan dengan posisi serta tanggungjawab lebih. Bicarakan keahlian yang belum optimal anda manfaatkan di posisi anda sekarang, dan betapa anda ingin sekali berkembang. Tunjukkan inisiatif anda dan mungkin anda akan dihargai.

9. Tetaplah tenang dan sopan, meskipun mereka menolak

Meskipun anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan, ingatlah untuk tetap tenang dan sopan saat bekerja dengan atasan anda. Berterima kasihlah atas kesediaan waktu mereka mempertimbangkan permintaan anda. Anda mungkin ingin sekali bertahan, tapi ini bisa menjadi pertanda bagi anda untuk mencari pekerjaan yang layak dan lebih baik.

Terlepas dari apakah anda kecewa dengan penolakan tersebut, setidaknya anda tahu bahwa anda telah memberikan yang terbaik.

Indonesia Karir Hunting Kerja Tips