3 Tips Kelola Keuangan Anti-Boros

Share this article with other mums

Mulailah hidup cermat dan berhemat! Caranya? Anda dapat mengikuti tiga tips berikut untuk mengelola keuangan yang sehat.

Apakah Anda pernah terbangun di tengah malam karena gelisah memikirkan tagihan dan begitu frustrasi mengelola keuangan Anda? Tenang, Anda tidak sendirian –banyak dari kita pernah mengalami itu. Rasanya memang sama sekali tidak menyenangkan.

Anda bisa saja telah mapan di pekerjaan Anda, gaji yang layak seiring dengan karir yang telah dicapai dan entah mengapa Anda tetap saja tidak pernah merasa cukup. Hal itu dikarenakan berapa pun yang Anda hasilkan, akan selalu ada tagihan di setiap bulan.

Ingat, semua masalah tentu ada solusinya. Segera kelola keuangan Anda dan ikuti tiga tips berikut dan katakan selamat tinggal pada malam-malam yang panjang:

Tips 1: Biasakan Merencanakan Keuangan

Merencanakan keuangan sebenarnya tidak sulit dipahami atau dimulai, namun kita harus disiplin untuk merealisasikannya.

Alah bisa karena biasa. Anda jangan terbebani dengan menyusun perencanaan keuangan setiap bulan. Ubah saja menjadi permainan seru setiap bulannya! Lalu berikan award kepada diri Anda sebagai bonus. Misalnya saja, jika dalam bulan pertama Anda bisa menabung 15% hasil gaji Anda, maka Anda berhak atas hadiah:

  • Make up keluaran terbaru yang telah Anda incar sejak lama.
  • Jika Anda berhasil berhemat 20-25%, belilah sepatu cantik yang telah Anda idamkan.
  • Lalu ketika angka tabungan Anda semakin tinggi sekitar 25-40%, manjailah diri Anda di spa favorit.
  • Dan jika Anda berhasil berhemat lebih dari 40%, pergilah makan malam ke restauran dan nikmatilah waktu Anda.

Tips 2: Hidup Cermat ≠ Pelit

Hidup cermat memang tidak populer apalagi di tengah gempuran produk yang semakin beragam. Namun percayalah, hidup cermat dan hemat dapat menyelamatkan Anda.

Anda harus bisa membedakan cermat dengan pelit. Itu adalah dua hal yang berbeda. Menurut LifeHack, hidup cermat berarti Anda perlu mengelola uang belanja Anda berdasarkan:

  • Kualitas, bukan kuantitas
  • Harga yang rasional, tidak mahal dan tidak menguras dompet Anda
  • Kebutuhan Anda, hindari membeli barang yang tidak penting dan bukan sesuai yang Anda butuhkan

Jika Anda harus menghabiskan sekitar 10 juta hanya dalam satu tahun sebagai anggota di sebuah gym padahal Anda terbilang jarang lari di atas treadmill setiap bulannya, batalkan saja  keanggotaan Anda dan berlari saja di sekitar kompleks rumah –gratis! Pergi ke bioskop setiap minggu dengan pasangan Anda? Itu bahkan menghabiskan rata-rata 10 juta setahun! Akan lebih baik jika Anda berlangganan NetFlix setiap tahun berhemat lebih dari 50% lalu lengkapi televisi Anda dengan pengeras suara yang bagus. Voila!

Ingat: bukan berarti karena berhemat dan cermat, Anda harus hidup layaknya seorang biksu.

Tips 3: Berinvestasilah dengan Bijak

Investasi bukan hanya untuk milyuner, loh. Orang-orang seperti kita juga perlu dan bisa berinvestasi. Maksudnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari uang yang selama ini telah Anda kumpulkan—bukankah itu luar biasa?

Anda memang tidak perlu sebegitu kerasnya memahami saham, nilai tukar uang asing dan bahkan bitcoin. Pilih saja yang cara yang lebih sederhana –yang Anda pahami. Beberapa investasi dasar yang bisa Anda pertimbangan adalah:

  • Deposito. Pilihan investasi jenis ini menawarkan bunga flat berdasarkan jangka waktu dan jumlah uang yang Anda miliki.
  • Obligasi. Salah satu instrumen investasi dalam pasar modal. Obligasi berupa surat pernyataan utang penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi. Ringkasnya, penerbit obligasi adalah pihak yang berutang dan pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang. Anda dapat memperoleh keuntungan dari investasi ini dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati.
  • Asuransi. Berinvestasi untuk masa depan sangatlah penting, dan semakin awal Anda memulai, akan semakin baik. Mulai rencanakan masa pensiun Anda dan lindungi diri Anda dari potensi kerugian akibat segala macam musibah. Asuransi yang bisa Anda pilih adalah kesehatan, rumah, keluarga, dan sebagainya.

Memiliki langkah hidup yang ringan tanpa beban dan bahagia adalah keinginan kita bersama bukan? Namun saat itu menyangkut keuangan Anda, Anda harus serius memperhatikannya.

Meskipun Anda mungkin tidak bisa menghapus seluruh persoalan namun tidak ada salahnya mengikuti tiga tips di atas demi mengurangi rasa panik dan khawatir. Kendalikan keuangan dan masa depan Anda sekarang.

Membaca: 7 Jenis Pembelian Yang Dijamin Tak Akan Pernah Membuat Anda Menyesal

 

Indonesia Uang Tabungan Perencanaan Keuangan